Yoghurt Cegah Kerusakan Gigi Pada Anak

Yoghurt Cegah Kerusakan Gigi Pada AnakYoghurt yang merupakan produk fermentasi susu atau kedelai tak hanya baik bagi sistem pencernaan, tetapi juga untuk kesehatan gigi. Konsumsi yoghurt secara teratur dapat memangkas risiko kerusakan gigi pada anak. Asupan yogurt secara teratur dapat menurunkan risiko kerusakan gigi pada anak. Konsumsi susu empat kali seminggu mengurangi kerusakan gigi hingga 22 persen dibandingkan mereka yang tidak mengasupnya dalam seminggu.

Mengonsumsi yoghurt setidaknya empat kali dalam seminggu dapat mengurangi 22 persen risiko anak mengalami kerusakan gigi pada saat berusia 3 tahun, dibandingkan dengan anak yang hanya konsumsi yoghurt kurang dari seminggu sekali. Temuan yang telah dipublikasikan dalam Journal of Dentistry ini, berasal dari studi Jepang yang sedang menyelidiki klaim sebelumnya yang menyatakan bahwa produk susu umumnya menangkal kerusakan gigi pada anak.

Sementara produk susu lain seperti mentega, keju dan susu tampaknya tidak memiliki manfaat besar pada gigi. Konsumsi yoghurt justru dapat memberikan perlindungan yang besar pada gigi anak-anak. Belum diketahui persis mengapa yoghurt dapat memberikan perlindungan pada gigi anak. Tetapi satu teori menyatakan bahwa yoghurt mengandung protein yang ‘mengikat’ di permukaan gigi dan menyegel gigi terhadap serangan asam yang berbahaya.

Dalam penelitian terbaru, peneliti Jepang mengamati 2.000 anak usia tiga tahun dan orangtua ditanyai tentang kebiasaan makannya. Setiap anak juga melakukan pemeriksaan gigi untuk menilai kondisi giginya. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang jelas antara yoghurt dan pencegahan kerusakan gigi, tetapi hasil ini tidak berlaku bagi produk susu lainnya.