Yang Dimaksud Kehamilan Lewat Bulan

https://www.ibubayi.comPengertian kehamilan postterm

Kehamilan postterm, disebut juga kehamilan serotinus, kehamilan lewat waktu, kehamilan lewat bulan, prolonged pregnancy, extended pregnancy, postdate/pos datisme atau pascamaturitas, adalah: kehamilan yang berlangsung sampai 42 minggu (294 hari) atau lebih, dihitung dari hari pertama haid terakhir menurut rumus Naegele dengan siklus haid rata-rata 28 hari.

Seringkali istilah pascamaturitas dipakai sebagai sinonim dismaturitas. Sebenarnya hal ini tidak tepat. Pascamaturitas merupakan diagnosis waktu yang dihitung menurut Rumus Naegele.

Sebaliknya, dismaturitas hanya menyatakan kurang sempurnanya pertumbuhan janin dalam kandungan akibat plasenta yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga janin tidak tumbuh seperti biasa.

Hal ini dapat terjadi pada beberapa keadaan  seperti hipertensi, preeclampsia, gangguan gizi, ataupun pada kehamilan postterm sendiri. Jadi janin dengan dismaturitas dapat dilahirkan kurang bulan, genap bulan, ataupun lewat bulan.

Istilah pascamaturitas lebih banyak dipakai oleh dokter Spesialis Kesehatan Anak, sedangkan istilah postterm banyak digunakan oleh Dokter Spesialis Kebidanan.

Dari dua istilah ini sering menimbulkan kesan bahwa bayi yang dilahirkan pada kehamilan postterm disebut sebagai pascamaturitas.