Vaksin Influenza Juga Wajib untuk Anak

Vaksin Influenza Juga Wajib untuk AnakBanyaknya vaksin di indonesia yang diwajibkan untuk anak-anak dan balita adalah vaksin BCG, DPT, POLIO, hepatitis B dan campak. Tertapi selain vaksin tersebut ada juga vaksin influenza yang harus dibutuhkan oleh anak.

Vaksin influenza dianjurkan diberikan sejak usia 6 bulan setiap tahunnya, sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO). Namun sampai dengan saat ini, vaksinasi influenza di Indonesia belum populer. Sehingga diperlukan sosialisasi dari pemerintah dan edukasi dari petugas medis agar manfaat dari vaksinasi influenza dikenal luas oleh masyarakat.

Vaksin influenza memang tidak termasuk vaksin yang diprogramkan wajib oleh pemerintah, juga tidak dibiayai oleh pemerintah. Tapi vaksin-vaksin yang tidak masuk program bukan berarti tidak penting.

Vaksin influenza penting untuk anak terutama yang usianya kurang dari 6 bulan, karena merupakan kelompok yang paling parah terkena influenz. Biaya untuk vaksin influenza memang sedikit mahal, yaitu Rp 100 ribu.

Selain biaya, efek samping setelah vaksinasi juga sering menjadi alasan orangtua belum memvaksin anaknya. Jadi anak harus sehat sebelum divaksin, kalau panas nggak boleh diberikan. Jadi bisa dibedakan itu panas karena sakit atau karena KIPI.