Tips untuk Mengatasi Anak Balita Susah Makan

Tips untuk Mengatasi Anak Balita Susah MakanSalah satu keluhan terbanyak yang disampaikan orangtua mengenai balita mereka adalah sulit makan. Biasanya orangtua mengeluh anaknya hanya mau makan snack, makan dengan kecap dan kerupuk dan minum susu. Jika disuruh makan, selalu saja ada alasan anak untuk menolak. Bahkan seringkali disertai dengan tantrum yang membuat orangtua tidak tega sehingga mengijinkan anak tidak makan.Seiring makin bertambah besarnya si kecil, maka kebutuhan gizinya makin besar. Tidak lagi cukup hanya dengan minum Asi atau susu formula.

Tetapi ia memerlukan makanan yang seimbang, terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin. Anak yang sulit makan ditandai dengan berat badan yang kurang dari berat rata-rata anak seusianya, biasanya tampak tidak segar dan rambut berwarna merah seperti rambut pada jagung. Kebanyakan anak sulit makan justru semakin sulit disuruh makan karena pola asuh orangtua yang salah. Misalnya : tidak ada batasan yang jelas tentang aturan makan.

Berikut ini ada tips mengatasi anak sulit makan :

– Jangan berikan susu sebelum makan utama, jika terpaksa memberikan susu sebelum makan, jangan biarkan anak kenyang minum susu sebelum makan.Karena anak bis kurang selerah makan.

– Boleh berikan kudapan sebagai selingan sebelum saatnya makan siang, tetapi jangan berikan snack yang rasanya merangsang. Lebih baik kudapan anda buat sendiri dengan memanfaatkan sayuran untuk dimodifikasi dalam kudapan,misalnya : tahu isi, lumpia, dll.

– Hindari pemberian menu yang monoton, karena anak akan cepat bosan dan tidak mau makan. Menjadi ibu yang kreatif sangatlah penting.

– Biasakanlah anak makan teratur pada waktu ia lapar.
– Ciptakan suasana yang menyenangkan saat makan
– Jangan memaksa anak menghabiskan makanannya jika ia sudah tidak mau, karena hanya akan membuatnya trauma pada makanan.
– Untuk anak yang lebih besar, perlu juga membiasakan ia makan di meja makan, agar ia mengerti kapan saatnya ia harus makan.
– Jangan memberi porsi susu berlebihan dikarenakan hal ini akan menyebabkan anak kenyang sehingga susah makan.