Tips untuk Kesehatan Bayi dan Balita

Tips untuk Kesehatan Bayi dan BalitaBeberapa tips untuk menjaga kesehatan bayi dan balita Anda:

Menjemur bayi di pagi hari

Pada umumnya bayi harus di jemur, untuk menghagatkan tubuh sikecil. Tetapi jangan di paksakan kegiatan ini, anggapan bahwa bayi harus dijemur tiap hari tidak sepenuhnya betul. Bayi dijemur tidak perlu lama-lama cukup cuman 10-15 menit tiap hari.

Susu botol pada saat bayi tidur

Susu botol pada bayi sebenarnya hanya untuk meringankan tugas anda. memberikan susu botol pada bayi yang bangun di malam hari dapat membuat anda lebih praktis dan bayi pun cepat tidur lagi. Endapan susu dapat berkumpul di bagian gusi anak. Selain itu, si kecil jadi mudah terikena infeksi telinga, karena susu yang diminum bisa masuk kesaluran eustachius.

Mandikan dengan air dingin supaya bayi anda kuat

Kebanyakan mitos bahwa yang mengatakan memandikan bayi dengan air dingin dapat membuat daya tahan bayi lebih kuat Sesungguhnya air dingin dapat membuat pembakaran dan metabolisme tubuh bayi meningkat.

Jika bayi berliur

Jika bayi anda berliur itu sangat wajar. Sebab hingga usia bayi 4 tahun, akan aktif memproduksi air liur. Air liur juga menjadi tanda-tanda bila bayi akan tumbuh gigi.

Jika bayi mengompol

Jika bayi anda diatas dua tahun maka wajarlah jika bayi mengompol. Karena kontrol air seninya belum berfungsi sempurna. Bila sampai usia di atas dua tahun masih mengompol, waspadai kemungkinan masalah biologis atau psikologisnya.

Gumoh setelah makan

Gumoh adalah mengeluarkan cairan makanan atau minuman sesudah ia makan atau minum susu. Gumoh juga bisa terjadi bila bayi dipakaikan gurita dengan kencang. Bila tidak mengalami hal-hal tersebut, bayi tidak akan gumoh.

Menggendong bayi

Menggendong bayi pun dapat membuat bayi lebih tenang. Bayi yang terbiasa di gendong akan lebih senang digendong sampai ia agak besar, ia akan malas untuk berjalan. Anda boleh mengajaknya bermain dengan mengangkat bayi tingi-tinggi, mengayunkannya, dan beberapa variasi menggendong bayi lainnya.

Anak mengeluarkan keringat

Sebenarnya keringat yang keluar berlebihan itu bukan pertanda sehat. Anggapan bahwa anak yang selalu dan banyak berkeringat itu sehat tidaklah benar. Fungsi kelenjar gondok yang berlebihan, rendahnya kadar gula, dan berat badan yang berlebih. Sebaiknya anda waspada jika keringat anak berlebihan.

Vitamin untuk anak

Jika ingin tetap memberikan vitamin tambahan kepada anak, berikanlah sesuai kebutuhan, karena vitamin sangat bermanfaat jika anak memang sangat membutuhkannya. Bila pola makan anak bagus, sebenarnya tambahan vitamin tidak terlalu diperlukan.