Tetap Bekerja Saat Hamil

Tetap Bekerja Saat HamilAgar bisa tetap sehat dan produktif dalam bekerja, pahami bagaimana cara mengurangi perasaan tidak nyaman ketika hamil dan ketahui kapan pekerjaan tersebut bisa membahayakan kehamilan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin tetap bekerja saat hamil. Karena tetap bekerja selama hamil memang menimbulkan tantangan tersendiri di tempat kerja.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil saat bekerja, yaitu:

1. Mengurangi mual dan muntah.
Untuk mengurangi mual dan muntah di tempat kerja bisa dengan menghindari segala macam pemicunya. Sediakan camilan sehat di tempat kerja, minuman hangat atau teh jahe bisa sangat membantu menguranginya. Minum cairan yang cukup serta jangan terburu-buru saat berangkat atau mengerjakan sesuatu bisa menghindari mual dan muntah.

2. Mengatasi kelelahan saat bekerja.
Ibu yang hamil akan merasa cepat lelah atau capek, untuk itu konsumsi makanan yang kaya zat besi dan juga protein seperti daging merah, makanan laut, unggas, sayuran hijau dan kacang-kacangan. Istirahatkan badan selama beberapa menit setiap 1-2 jam bekerja bisa dengan berjalan sebentar atau beristirahat di bangku sambil menutup mata. Usahakan untuk tidur malam lebih awal dengan meletakkan bantal di antara kaki dan bawah perut.

3. Usahakan untuk tetap nyaman.
Berbagai kegiatan bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, ada beberapa trik yang bisa dilakukan seperti menyediakan bantal punggung di kursi untuk membantu ibu hamil mengurangi rasa pegal di pinggang. Pakailah sepatu yang nyaman dan jika harus berdiri untuk waktu lama, letakkan salah satu kaki pada suatu penunjang seperti bangku atau kotak.

4. Menjaga agar stres tetap terkendali.
Beberapa pekerjaan bisa menimbulkan stres tersendiri sehingga menguras energi dan pikiran. Kurangi stres di tempat kerja dengan membuat agenda mana yang harus diprioritaskan, cobalah untuk berbagi dengan rekan kerja atau orang terdekat dan praktikkan teknik relaksasi agar pikiran menjadi tenang.

5. Pilihlah pekerjaan yang tepat.
Ada kondisi kerja tertentu yang dapat meningkatkan risiko komplikasi atau prematur. Sebaiknya ibu hamil hindari pekerjaan yang bisa menyebabkan paparan zat berbahaya, jam kerja yang berlebihan, terlalu lama berdiri, suara-suara mesin berat, tingkat stres yang tinggi dan mengangkat barang berat.

Kegiatan yang memerlukan ketangkasan dan keseimbangan bisa menjadi sulit dilakukan jika sedang hamil. Tapi dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dan sehat maka bekerja saat hamil pun masih bisa dilakukan.