Si Kecil Dekat Terus ke Ibunya

Si Kecil Dekat Terus ke IbunyaAda anak kecil yang tak bisa semenit pun lepas dari dekapan sang ibu. Kemana pun ibunya pergi bahkan ke kamar mandi sekalipun, si kecil selalu mengikutinya. Bagaimana mengatasi perilaku anak seperti ini? Biasanya kalau orangtua terlalu protektif terhadap anak, bisa membuat anak tidak bisa lepas dari ibunya dan kemana-mana harus sama ibunya. Jika anak kecil sering dilarang bermain keluar, kurang bisa bersosialisasi atau semua fasilitasnya sudah disediakan di rumah, hal ini membuat dunia anak hanya sekitar dirinya dan orangtua saja. Meskipun beberapa orangtua merasa senang atau tidak masalah jika si kecil selalu ingin bersamanya.

Beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya tidak selalu tergantung dengan orangtua terutama ibunya, yaitu:

1. Sering-seringlah mengajak anak keluar untuk bertemu dengan orang-orang baru sehingga anak juga bisa belajar bersosialisasi.

2. Orangtua harus bisa menunjukkan di depan anaknya bahwa orang yang baru dikenalnya tersebut juga dikenal oleh orangtuanya.

3. Perbanyak melakukan stimulasi untuk merangsang anak agar berani sendiri dan orangtua harus memperlihatkan kepercayaannya pada anak.

4. Tidak ada salahnya untuk memasukkan anak ke taman bermain sejak usia 2 tahun. Ini bisa berguna untuk mengenalkan anak tentang dunia atau orang-orang lain disekitarnya, sehingga melatih keberanian anak.

Jika tak ingin si kecil menjadi anak yang selalu tergantung dengan ibunya, maka janganlah terlalu protektif terhadap anak. Biarkan anak bermain dengan dunia luar dan bertemu orang-orang baru untuk melatihnya menjadi anak yang pemberani serta mandiri.