Senyawa yang Menimbulkan Risiko Kanker pada Bayi

Sebagian besar produk perlengkapan bayi menggunakan senyawa yang tahan api dalam campuran bahan bakunya, itu semuanya untuk memenuhi standar keamanan. Meski aman dari kebakaran, senyawa ini menghadirkan risiko lain karena bisa memicu risiko kanker pada bayi.

Produk perlengkapan bayi mengandung racun dari senyawa tahan api (flame retardant). Produk-produk tersebut umumnya terbuat dari polimer plastik.

Salah satu senyawa tahan api yang digunakan dalam produk-produk seperti changing pad (keranjang khusus untuk ganti popok), kursi bayi dan ranjang lipat adalah chlorinated tris.

Chlorinated tris memiliki risiko kanker dengan kategori sedang (moderate). Jika terakumulasi, dampaknya bisa memicu masalah tumbuh kembang serta gangguan sistem reproduksi. Hampir semua bantal khusus untuk menyusui (nursing pillow) mengandung jenis senyawa tahan api lainnya yakni tris.

Beberapa produk yang diuji dalam penelitian ini dibeli sekitar tahun 2002, sebelum ada larangan terhadap beberapa jenis senyawa tahan api. Misalnya PentaBDE yang sekarang sudah tidak dipakai lagi di industri.