Sebuah Panduan Makanan untuk Periode Pra-Konseptual

Selama kehamilan, apa yang Anda makan memiliki dampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan bayi Anda. Kesehatan secara keseluruhan dan kesejahteraan bayi Anda tergantung pada apa yang Anda makan sebelum (segera sebelum pembuahan), selama dan setelah kehamilan. Oleh karena itu sangat penting untuk makan sehat, sebelum, selama dan segera setelah kehamilan untuk bayi yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi ibu merupakan faktor penentu utama bagi kesehatan bayi serta untuk kerentanan terhadap penyakit pada masa dewasa. Gizi yang lebih baik dari ibu selama kehamilan menyebabkan bayi yang sehat dan orang dewasa yang sehat. Cara terbaik adalah untuk membuat makanan sehat cara hidup, ketimbang makan sehat hanya selama kehamilan. Makan sehat selama kehamilan harus menjadi bagian dari gaya hidup Anda.

Pra-konseptual gizi fakta:
Organogenesis (perkembangan organ yang berbeda pada manusia) terjadi selama masa awal kehamilan. Organ tubuh manusia mulai mengembangkan sedini 3 minggu setelah pembuahan dan pada hari ke-55 setelah pembuahan sebagian besar organ manusia mulai berkembang. Dalam organ Bahkan mungkin mulai berkembang sebelum seorang wanita bahkan datang untuk mengetahui bahwa dia hamil. Hal itu penting untuk merencanakan kehamilan dan gizi sehat untuk membuatnya yakin bahwa, bayi Anda benar-benar bebas dari kekurangan gizi. Misalnya, kekurangan asam folat (vitamin B-kompleks) selama organogenesis dapat menyebabkan cacat tabung saraf (seperti spina bifida dan cacat tabung saraf lain), yang di kemudian hari menimbulkan banyak masalah neurologis. Seperti disebutkan sebelumnya, perkembangan organ yang berbeda dalam manusia dapat dimulai sebelum ibu mengetahui dia hamil. Jadi, sangat penting untuk memiliki asam folat diet yang kaya selama periode pra-konseptual (karena jika tidak direncanakan, Anda mungkin menjadi hamil setiap waktu dan suplemen asam folat setelah diagnosis kehamilan tidak dapat mencegah cacat tabung saraf).

Ini adalah praktek umum di bidang medis untuk memberikan suplemen asam folat setelah kehamilan didiagnosis. Praktek ini dipertanyakan oleh banyak ahli di lapangan, seperti organogenesis umumnya dimulai sebelum diagnosis kehamilan. Karena kehamilan umumnya didiagnosis 20 hari setelah pembuahan dan organogenesis dimulai sebelum itu (dengan 3 minggu setelah pembuahan). Tapi itu masih umum dipraktekkan, dengan ide bahwa ada sesuatu yang lebih baik daripada tidak, yaitu suplementasi asam folat dapat membantu dalam mencegah cacat lahir dan akan tidak membahayakan bayi atau ibu dan juga asam folat sangat murah.

Beberapa makanan kaya akan asam folat adalah:
• Kacang.
• Kacang.
• Tumbuh kacang-kacangan, kacang-kacangan lainnya.
• Bayam, sayuran berdaun hijau, wortel.
• Brokoli, daun selada dll
Hal ini penting untuk mengkonsumsi sayuran yang disebutkan di atas, jika Anda berencana untuk memiliki bayi.