Rhesus Iso Imunisasi

Rhesus Iso ImunisasiApabila seseorang kemasukan antigen, maka tubuh akan membuat zat penangkis imun (antibody imun) yang khas terhadap antigen itu. Antigen itu sangan berguna untuk melindungi tubuh terhadap pemasukan selanjutnya dari antigen yang sama.

Iso-Imunisasi adalah pembuatan zat penangkis oleh seseorang terhadap antigen yang berasal dari orang lain.

Apabila seseorang kemasukan antigen eritrosit manusia kedalam tubuhnya yang tidak memiliki antigen itu, maka tubuhnya akan membentuk zat penangkis (aglutinin) terhadap antigen yang masuk itu.

Apabila zat penangkis itu bertemu lagi dengan antigen tadi, maka eritrosi yang mengandung antigen akan diserangnya sehingga terjadi aglutinasi dan hemolisis eritrosit yang mengandung antigen itu.

Penyakit hemolitik janin dan bayi yang disebabkan iso-imunisasi dikenal dengan nama eritroblastosis. Sebenarnya nama eritroblastosis kurang tepat, karena dasarnya penyakit itu disebut morbus hemolitikus neonatorum

Pasangan muda-mudi yang menikah bila salah satunya rhesus positif dan yang lainnya rhesus negative, biasanya anak pertama lahir sehat, sedangkan anak berikutnya menderita penyakit dan lahir mati, atau lahir hidup dan meninggal dalam beberapa hari.