Resep Aromatherapy Buat Ibu Hamil

Kehamilan selalu ditunggu-tunggu oleh kaum hawa, di mana sesosok bayi mungil dan manis berdiam di dalam perut selama 9 bulan 10 hari untuk menantikan kelahiran dirinya. Dalam suasana kebahagiaan, tak memungkiri ada beberapa kondisi yang tidak menyenangkan saat ibu sedang hamil, di antaranya adalah stres, mual di pagi hari (morning sickness), kehilangan nafsu makan dan sering pusing. Masing-masing kehamilan memang membawa kondisi tertentu bagi si ibu hamil. Mereka yang memiliki sistem immune yang sangat baik tentu jarang menemui kondisi tak menyenangkan yang telah disebutkan tadi. Tetapi bagi Anda yang mengalaminya tak perlu khawatir, kurangi kondisi tak menyenangkan tersebut dengan aromatherapy.

Berikut ini aromatherapy khusus diperuntukan pada ibu hamil :

Kondisi: mual, morning sickness dan pusing
Pada kondisi ini aromatherapy yang dibutuhkan adalah jenis yang memberikan relaksasi lebih, menenangkan serta memberikan rasa kesegaran. Aromatherapy yang dapat digunakan yaitu: tea tree, dan lavender.

Kondisi: pusing dan gejala flu
Campurkan 3 tetes lavender, 1 tetes minyak kayu putih ke dalam air panas kemudian hirup asapnya . Niscaya rasa pusing yang Anda rasakan akan sirna.

Kondisi: mual dan sakit kepala berdenyut-denyut
Tambahkan 1 tetes lavender, 1 tetes peppermint pada sebuah ember berisi air panas, hirup asapnya dalam-dalam. Airnya juga bisa Anda kenakan sebagai kompres kepala agar peningnya berangsur-angsur hilang.

Meningkatkan keseimbangan serta kesegaran tubuh

Tambahkan 3-4 tetes lavender dalam air mandi Anda, dan berendamlah selama 2-3 menit di dalamnya. Anda juga dapat memanfaatkan air tersebut untuk mencuci muka sehingga Anda merasa lebih segar dan tidak gerah.

Kondisi: tubuh pegal-pegal, terutama di bagian kaki yang mulai bengkak

Cypress, geranium, lemon dan lavender adalah solusi yang terbaik untuk kondisi ini. Tambahkan 2-3 tetes dalam air mandi Anda dan berendamlah di sana selama 3-4 menit. Atau tambahkan 1-2 tetes dalam minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak untuk massage lembut kaki Anda.

Kondisi: mual terus menerus
Ada beberapa pilihan aromatherapy yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa mual yang berkepanjangan, yaitu: orange, lemon, bergamot dan grapefruit. Tambahkan saja masing-masing 1 tetes pada minyak zaitun, berikan massage lembut pada perut Anda dan mual yang Anda rasakan tak akan mengganggu Anda.