Prinsip Makanan Ibu Hamil

Prinsip Makanan Ibu HamilDalam masa kehamilan salah satu bagian yang penting dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah apa yang anda makan dan cara makan anda selama kehamilan ini. Untuk itu perlunya kita mempelajari tentang prinsip-prinsip makan yang baik selama kehamilan ini.

Berikut prinsip makanan ibu hamil.

– Rubalah cara makan anda sesuai diet makanan ibu hamil.
– Hindari makanan yang dapat membahayakan ibu janin
– Jangan berdiet selama masa kehamilan
– Makan dengan porsi kecil tapi sering
– Minum vitamin ibu hamil secara teratur
– Minum air secara secukupnya
– Makan berserat dengan buah-buahan dan sayur-sayuran

Dengan melakukan cara makan yang sehat, tidak hanya membuat ibu hamil menjadi fit dan sehat, tapi juga membantu perkembangan yang sehat bagi bayi anda dalam kandungan.

Makanan yang harus di hindari bagi ibu hamil.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil karena mereka dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti; salmonella,toksoplasmosis,listeria, E.coli, yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan anda.

Jangan makan daging mentah atau yang dimasak kurang matang.
karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

– Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik.
Oleh karena itu bersihkan sayuran anda dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing selama kehamilan karena mengandung toksoplasmosis.

– Jangan makan daging ayam dan telur yang dimasak kurang matang.
Hindari makan hati ayam atau daging yang mungkin sumber dari salmonella, yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga diperhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

– Hindari Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar.
Karena mengandung mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar. FDA rekomendasi ikan tuna dan ikan ukuran besar ini sebatas 12 ons perminggu.

– Keju lunak seperti brie dan camembert.
Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa tidak ada gejala atau seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran,kelahiran premature, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.

– Jangan minum minuman yang mengandung alkohol.
Karena bisa dapat menyebabkan kelainan pada janin ada juga problem emosional pada bayi.

– Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh.
Sebaiknya di hindari atau dibatasi karena kopi dapat memperngaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi.