Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil 8 Bulan

IBUBAYI.COM – Memiliki seorang anak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi suatu keluarga. Terlebih lagi untuk seorang ibu, karena ibulah yang nantinya akan mengandung sang bayi selama kurang lebih Sembilan bulan sepuluh hari.

Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil 8 Bulan1

Dari sini saja sudah terlihat perjuangan ibu untuk bisa memperoleh seorang anak yang diidam-idamkannya. Perjuangan selama mengandung juga merupakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi seorang ibu.

Dimulai dari bulan – bulan awal hingga akhir yang penuh dengan cerita. Segalanya mengalami perubahan baik fisik maupun emosi tidak terkecuali dalam posisi tidur.

Bayi yang di kandung dalam rahim pasti semakin lama semakin membesar. Apalagi jika sang bayi sudah menginjak bulan ke 8 di dalam perut, tentunya posisi tidur tidak akan sama dengan sebelumnya. Sebelumnya mungkin kita bisa tidur terngkurap dan banyak gerak, kalau sudah menginjak 8 bulan? Ya nggak bisa lagi dong bu.

Terdapat beberapa posisi tidur yang memang dianjurkan oleh dokter agar tidak mengganggu kesehatan sang ibu dan bayi, posisi itu antara lain:

  • Posisi Miring

Tidur menyamping ke kiri merupakan salah satu posisi yang paling direkomendasikan untuk diaplikaskan oleh ibu saat perut sudah semakin membesar karena sudah menginjak bulan ke 8.

Posisi yang seperti ini secara langsung menghindarkan bayi dari tekanan organ dalam yang dimiliki oleh ibu seperti hati yang terletak di bagian sebelah kan Selain itu, posisi ini juga bisa melancarkan aliran darah dan nutrisi ke placenta bayu serta mengembalikan aliran darah ketubuh bagian bawah jantung.

Selain itu, dengan menggunakan posisi miring, sang ibu bisa terhindar dari pembengkakan pada kaki dan pergelangan tangan. Tidur dengan posisi miring seperti ini juga bisa dibuat lebih nyaman dengan meletakkan bantal di antara dengkul dan di punggung.

  • Posisi Bersandar

Posisi bersandar juga merupakan salah satu posisi yang dapat diterapkan oleh sang ibu karena kenyamanannya. Sang ibu bisa mencoba tidur bersandar pada bantal yang ditinggikan.

Itu adalah posisi tidur yang aman dan nyaman yang bisa diterapkan oleh sang ibu ketika usia kehamilan mencapai ke 8 bulan.

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Tidak Direkomendasikan

Sebagai tambahan, sang ibu jangan sampai salah posisi saat tidur karena itu bisa berdampak buruk bagi  kesehatan sang ibu dan bayi. Beberapa posisi tidur yang tidak direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Posisi Terlentang

Tidur dengan posisi seperti ini sangat tidak dianjurkan di usia kehamilan yang ke 8 ini. Posisi ini akan meletakkan seluruh berat rahim ke bagian belakang, vena cava inferior, dan usus. Gangguan pencernaan, sakit pinggang, dan sirkulasi darah pun ikut terganggu ketika tidur dengan posisi yang seperti ini

  • Posisi Tengkurap

Di usia kehamilan yang ke 8 bulan, tidur dengan posisi tengkurap juga sebaiknya dihindari, karena biasanya payudara akan membesar dan rangsang payudara pun menjadi lebih sensitif sehingga sang ibu sudah pasti akan merasa tidak nyaman dengan posisi seperti ini. Apalagi dengan perut yang membesar, tentunya harus lebih hati – hati.

***

Itu adalah beberapa tips tentang posisi tidur di usia kehamilan 8 bulan. Seperti yang kita tahu, semakin bertambah besarnya perut dari sang ibu, biasanya kebingungan pasti datang menghinggapi terkait dengan posisi tidur yang benar. Ini dikarenakan posisi tidur jelas – jelas mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Nah, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan penjelasan yang singkat namun menjawab semua pertanyaan tentang posisi tidur yang aman dan nyaman untuk ibu yang usia kehamilannya 8 bulan. Semoga bermanfaat!