Perubahan Traktus Urinarius Pada Ibu Hamil

https://www.ibubayi.comPada bulan-bulan pertama kehamilan kandung kemih akan tertekan oleh uterus yang mulai membesar sehingga menimbulkan sering berkemih.

Keadaan ini akan hilang dengan makin tuanya kehamilan bila uterus keluar dari rongga panggul. Pada akhir kehamilan, jika kepala janin sudah mulai turun ke pintu atas panggul, keluhan itu akan timbul kembali.

Ginjal akan membesar, glomerular filtration rate, dan renal plasma flow juga akan meningkat. Pada ekskresi akan dijumpai kadar asam amino dan vitamin yang larut air dalam jumlah yang lebih banyak.

Glukosuria juga merupakan suatu hal yang umum, tetapi kemungkinannya adanya diabetes mellitus juga tetap harus diperhitungkan. Sementara itu, proteinuria dan hematuria merupakan suatu hal yang abnormal. Pada fungsi renal akan dijumpai peningkatan creatinine clearance tinggi 30%.

Pada ureter akan terjadi dilatasi dimana sisi kanan akan lebih membesar disbandingkan ureter kiri. Hal ini diperkirakan karena ureter kiri dilindungi oleh kolon sigmoid dan adanya tekanan yang kuat pada sisi kanan uterus sebagai konsekuensi dari dekstrorotasi uterus.

Ovarium kanan dengan posisi melintang di atas ureter kanan juga diperkirakan sebagai factor penyebabnya. Penyebab lainnya diduga karena pengaruh hormone progesterone.