Perhatikan Tumbuh Kembang si Buah Hati Anda

Perhatikan Tumbuh Kembang si Buah Hati AndaSetiap orangtua pasti ingin tumbuh kembang buah hatinya berjalan sempurna. Anda bisa mengetahuinya melalui program Kementrian Kesehatan yang dilakukan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional, yakni dengan kegiatan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. SDIDTK merupakan rangkaian kegiatan atau pemeriksaan untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang secara dini agar lebih mudah diintervensi serta memberikan konseling kepada keluarga  bagaimana cara menstimulasi tumbuh kembang anak.

Maka lebih sulit diintervensi dan akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak,” kata Direktur Kesehatan Anak, Program yang dilakukan selama 3 hari pada 13-15 Juli lalu ini telah menjalani pelayanan SDIDTK bagi 500 anak usia 0-6 tahun di Jakarta. Dari 476 anak yang diberi pelayanan SDIDTK, ditemukan 57 (11,9 persen) anak dengan kelainan tumbuh kembang. Adapun lima jenis kelainan tumbuh kembang yang paling banyak dijumpai adalah, Delayed Development (tumbuh kembang yang terlambat) sebanyak 22 anak, Global Delayed Development sebanyak 4 anak, gizi kurang sebayak 10 anak,

Ada beberapa deteksi dini penyimpangan sebagai berikut:

Perhatikan Pertumbuhan,
Lihat status gizi anak apakah normal, kurang atau buruk, makrocephali dan mikrocephali.

Perhatikan Perkembangannya
Apakah mengalami kelemahan perkembangan, gangguan daya lihat dan daya dengar.

Perhatikan gangguan mental emosionalnya

Autisme

Perhatikan pula hiperaktivitas dan gangguan pemusatan perhatiannya.

“Semua ini bisa dilakukan, baik di lingkungan keluarga, di Posyandu, TK, TPA, Taman Penitipan Anak, POS PAUD, Kelompok bermain, Panti Asuhan atau di tempat-tempat sarana pelayanan kesehatan,” katanya lagi.