Perawatan Payudara Selama Kehamilan.

Perawatan Payudara Selama Kehamilan.Perawatan payudara selama kehamilan anda adalah salah satu bagian penting yang harus anda perhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya.  Saat kehamilan payudara akan membesar dan daerah sekitar putting akan lebih gelap warnanya dan juga lebih sensitive.  Semua ini terjadi untuk persiapan tubuh ibu hamil untuk memberikan makanan pada bayinya nanti.

Beberapa tips perawatan payudara selama masa kehamilan:

1. Bila BH anda sudah mulai terasa sempit.
Sebaiknya mengantinya dengan bh yang pas dan sesuai dengan ukuran anda untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara anda.

2. Bila anda berencana untuk menyusui.
Anda dapat memulai menggunakan bh untuk menyusui pada akhir kehamilan anda.  Pilihlah bh yang ukurannya sesuai dengan payudara anda, memakai bh yang mempunyai ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran ayudara dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis ( suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara).

3. Persiapkan putting susu anda.
Dengan lembut putar putting antara telunjuk dan ibu jari anda sekitar 10 detik sewaktu anda mandi.  Jika anda mendapatkan kesulitan atau puting susu anda rata atau masuk kedalam, konsultasikan ke dokter anda, sehingga hal ini dapat diatasi dini untuk mencegah kesulitan nantinya.

4. Pada tahap akhir bulan kehamilan.
cobalah untuk memijat lembut payudara didaerah yang berwarna gelap dan puting susu, anda mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes kolustrum. Untuk membantu membuka saluran susu.

5. Bersihkan payudara dan puting.
Jangan mengunakan sabun didaerah putting dapat menyebabkan daerah tersebut kering.  Gunakan air saja lalu keringkan dengan handuk.

Perkembangan Payudara Selama Kehamilan.

Payudara anda dikatakan belum akan berkembang penuh,  sampai anda hamil, melahirkan dan menyusui. Perubahan payudara selama kehamilan utamanya dipicu oleh progesteron. Progesteron menyebabkan payudara dan areola membesar dengan cepat. Seperti halnya kelenjar dan saluran air susu bertambah ukurannya, payudara anda akan mengurangi simpanan lemaknya untuk membuat ruang bagi ‘pabrik susu’ yang baru.

Meskipun level prolactin meningkat setelah delapan bulan kehamilan, progesteron mencegah produksi air susu sampai anda melahirkan. Kemudian level prolactin mencapai puncak, sementara estrogen, progesteron dan hormon pertumbuhan turun drastis, laktasi atau produksi air susu pun terjadi. kelenjar dan saluran air susu kembali mengecil ke ukuran semula, namun bisa tetap lebih besar ataupun justru mengecil, karena tidak semua jaringan lemak yang hilang kembali lagi. Jaringan konektif yag telah teregang untuk mengakomodasi pertumbuhan payudara juga meninggalkan masalah: payudara melorot.

Estrogen merupakan hormon paling bertanggung jawab terhadap pertumbuhan payudara; karenanya estrogen pada level yang memadai merupakan langkah pertama untuk mendapatkan payudara yang lebih besar secara alami. Semakin banyak estrogen, semakin besar payudara anda. Ingat, ketika tubuh memproduksi terlalu banyak estrogen, maka reseptor akan padam untuk mengendalikan pertumbuhan.  Beberapa wanita meningkatkan estrogen untuk memicu pertumbuhan payudaranya, sementara yang lain dengan level lebih rendah mendapatkan hasil yang sama. Masing-masing orang berbeda.