Penyebab Terbesar Keguguran

Penyebab Terbesar KeguguranPenyebab keguguran yang paling sering adalah akibat kelainan kromosom atau kandungan lemah yakni gangguan pada leher rahim yang disebut dengan inkompetensi serviks.Keguguran banyak terjadi pada kehamilan trimseter pertama. Tanda-tandanya mulai dari perdarahan di vagina, kram perut yang hebat di bagian bawah atau perdarahan ringan. Kini peneliti menemukan salah satu masalah yang menjadi penyebab keguguran adalah adanya fibroid di dalam rahim atau daerah sekitarnya.

Perempuan yang memiliki fibroids atau kanker non benjolan di dalam atau daerah sekitar rahim, cenderung berisiko dua kali lipat mengalami melahirkan bayi yang meninggal. Kondisi ini tanpa sadar telah membuat 1 dari 5 perempuan kemungkinan melahirkan bayi yang meninggal. Sebuah penelitian dilakukan dengan mengamati hasil ultrasonografi (USG) dari 64.000 perempuan dan membandingkannya dengan catatan kelahiran. Peneliti menemukan perempuan yang terdeteksi memiliki fibroid, sekitar 80 persen melahirkan bayi yang meninggal pada usia kehamilan 16-22 minggu.

Dalam sebuah studi didapatkan sebesar 1,6 persen perempuan yang memiliki fibroids mengalami kelahiran bayi meninggal dibandingkan dengan perempuan yang tidak memiliki fibroids hanya 0,7 persen. Ketika perempuan memiliki fibroids, maka bayi yang dikandung dalam rahim tidak bisa tumbuh dengan baik sehingga risiko melahirkan bayi yang meninggal menjadi dua kali lipat lebih besar.

bagi perempuan yang memiliki fibroids biasanya akan direkomendasikan untuk teratur melakukan pemantauan terhadap pertumbuhan dari janin yang dikandungnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah janin tumbuh dengan normal atau tidak. Fibroids biasanya memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung dari seberapa besar ukurannya dan dimana letak dari fibroids itu sendiri. Penyakit ini bisa menimbulkan 20-25 persen masalah kesehatan pada perempuan di usia reproduksi.