Olahraga Menghindari Bayi Lahir Besar

Olahraga Menghindari Bayi Lahir BesarBayi besar yang bobotnya lebih dari 3,7 kilogram membuat proses kelahiran menjadi lebih sulit. Tapi ibu hamil yang rajin latihan atau olahraga bisa menghindari bayi lahir besar. Olahraga pada ibu hamil juga dapat mengurangi risiko obesitas pada bayi nantinya. Berat lahir rata-rata bayi dari ibu yang cukup melakukan olahraga lebih kecil tetapi sangat sehat.

Berat rata-rata bayi dari ibu yang latihan adalah 3,41 kg, bandingkan dengan bayi dari ibu yang tidak latihan adalah 3,55 kg. Di karenakan bayi yang lahir dengan berat 8,8 pounds (3,96 kg) atau lebih didefinisikan sebagai berat lahir tinggi. Pada pemeriksaan dua minggu, bayi-bayi dari ibu yang latihan rata-rata beratnya mencapai 3,68 kg, sedangkan bayi dengan ibu yang tidak latihan adalah 3,91 kg. wanita hamil dengan kehamilan pertama dan mengelompokkan mereka dalam kelompok latihan dan kelompok kontrol.

Wanita dalam kelompok latihan mengendarai sepeda di rumah dengan intensitas sedang selama 40 menit, maksimal 5 kali dalam seminggu, dimulai pada minggu ke-20 kehamilan dan berlanjut sampai sekitar minggu 36. Bayi yang lahir dari ibu yang melakukan latihan memiliki berat badan rendah dan indeks massa tubuh atau BMI lebih rendah juga. latihan dengan intensitas yang direkomendasikan untuk ibu hamil membawa banyak manfaat. Namun, diperlukan studi lebih lanjut untuk ibu hamil yang berisiko tinggi.