Metabolic Tubuh Saat Hamil

https://www.ibubayi.comSelama kehamilan ibu akan menyimpan 30 g kalsium yang sebagian  besar akan digunakan untuk pertumbuhan janin. Jumlah itu diperkirakan hanya 2,5 % dari total kalsium ibu.

Penggunaan suplemen kalsium untuk mencegah preeclampsia tidak terbukti dan tidak disarankan untuk menggunakannya secara rutin selama kehamilan.

Zinc (Zn) sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa penelitian menunjukkan kekurangan zat ini dapat menyebabkan pertumbuhan janin terhambat.

Selama kehamilan kadar mineral ini akan menurun dalam plasma ibu karena pengaruh dilusi. Pada perempuan hamil dianjurkan asupan mineral ini 7,3-11,3 mg/hari, tetapi hanya pada perempuan-perempuan berisiko yang dianjurkan mendapat suplemen mineral ini.

Asam folat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembelahan sel dalam sintesis DNA/RNA. Defisiensi asam folat selama kehamilan akan menyebabkan terjadinya anemia megaloblastik dan defesiensi pada masa prakonsepsi serta awal kehamilan diduga akan menyebabkan neural tube defect pada janin sehingga para perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan mendapat asupan asam folat 0,4 mg/hari sampai usia kehamilan 12 minggu.

Sementara itu, pada ibu-ibu yang mempunyai riwayat anak dengan spina bifida dianjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 4 mg/hari sampai usia kehamilan 12 minggu.