Mengenal Dunia Dalam Botol Susu

Mengenal Dunia Dalam Botol SusuSusu formula merupakan alternatif pendamping (selain ASI) yang biasanya dipilih para ibu untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Dan, biasanya susu ini dihidangkan dalam botol susu khusus bayi. Kali ini kita akan menyimak bersama dunia seputar botol susu, bagaimana cara memilih, menggunakannya, hingga membuai buah hati saat menenggak susu dari dalam tabungnya.

Kita ikuti perjalanan mengenal dunia dalam botol susu berikut ini yuk.

Bahan.
Bingung memilih botol susu bayi? Mau yang berbahan gelas atau plastik ya? Tenang saja, bayi ibu pasti akan memberikan petunjuk botol mana yang sebenarnya ia inginkan. Beberapa pertimbangan, bahan plastik lebih ringan dan tahan pecah, namun beberapa orang tua ingin menghindari bahaya kimia dari BPA yang terdapat dalam beberapa botol plastik. Solusinya: pilih botol plastik bebas BPA.

Waktunya steril.
Sebelum menggunakan botol bayi atau pentil (pertama kalinya), sterilkan lebih dulu dengan merendamnya dalam air mendidih selama 5 menit. Setelah itu, ibu boleh mencuci botol dan pentilnya dengan sabun dan air hangat, baik dengan tangan atau mesin pencuci piring, setiap kali ibu menggunakannya.

Setia pada ASI/ susu formula.

Untuk bayi baru lahir, berikan hanya ASI atau susu formula saja, bukan airatau jus. Campur susu formula seperti aturan pemakaian yang tertera. Menambahkan air terlalu banyak pada susu hanya akan mengurangi jumlah nutrisi yang seharusnya diterima bayi. Sebaliknya, kurang air juga bisa melukai dinding lambung bayi dan ginjalnya yang masih lemah.

Memilih susu formula.
Kebanyakan orang tua memilih susu yang berasal dari sapi. Formula kedelai dan formula hypoallergenic sebenarnya juga bisa jadi pilihan sehat. Yang penting, untuk bayi usia kurang dari 1 tahun, pastikan ibu menggunakan susu formula yang dibentengi dengan kandungan zat besi.