Mengajarkan Si Kecil Ke Kamar Mandi

Mengajarkan Si Kecil Ke Kamar MandiMengajarkan si kecil agar terbiasa ke kamar mandi memang bukan hal yang mudah karena ia terbiasa buang air kecil maupun besar di popok.

Saat ia berusia 18 bulan, melatih si kecil ke kamar mandi atau lazim disebut potty training biasanya mulai dikenalkan.

Terkadang ia menangis atau merasa tertekan karena hal ini, untuk itu jangan memaksakan saat ia belum siap. lakukan perlahan-lahan.

Tips dibawah ini mungkin bisa membantu Bunda.

– Biasakan si kecil duduk di toilet dua kali sehari meskipun ia ingin buang air atau tidak.

– Beri contoh, misalnya jika ia terlanjur pup di popok ajak ia ke kamar mandi dan ajar caranya.

– Lakukan dengan teratur. Jika ia sudah terbiasa, dengan sendirinya akan ada dorongan untuk buang air. Apalagi jika ia belum buang air sebelumnya.

– Tunda jika ia rewel dan ulangi beberapa saat kemudian.

– Ciptakan suasana tenang. Jangan buru-buru dan memaksanya untuk segera buang air.

– Lakukan kegiatan lain selama di toilet karena buang air biasanya butuh waktu. Misalnya sambil membawa buku untuk mewarnai maupun bercerita.

– Cari tahu kebiasaan dan waktu si kecil buang air misalnya sehabis bangun tidur.

– lakukan bertahap misalnya temani ia di kamar mandi di waktu awal mengenalkannya. kemudian mulai tinggalkan saat ia bisa sendiri. Beri hadiah saat ia telah berhasil akan membuatnya lebih termotivasi.

Cara Memandikan Bayi Dengan Benar

Memandikan bayi bagi ibu baru terkadang jadi hal yang tidak mudah, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya. Selain itu jika si kecil tidak terlalu suka dengan air, biasanya ia akan menangis dan meronta saat mandi. Agar suasana mandi jadi momen yang menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa bunda coba saat memandikan si kecil.

– Gunakan air hangat saat memandikan bayi.
Air yang terlalu panas maupun dingin tidak baik bagi kulit bayi. Suhu air yang tepat untuk memandikan bayi berkisar antara 48,9 derajat celcius.

– Berikan mainan saat mandi.
Jika si kecil tergolong susah mandi, mainan akan menarik perhatiannya sehingga ia lebih betah berada di bak mandi.

– Perhatikan keamanan bak mandi bayi anda.
Gunakan bak mandi yang khusus untuk memandikan bayi agar tetap aman saat memandikan bayi. Hal ini karena karena kulit bayi menjadi licin saat dimandikan hingga rentan jatuh atau lepas dari pegangan anda.

– Ciptakan suasana yang menyenangkan saat mandi.
Misalnya mencoba mengajak si kecil bicara. Meskipun ia belum bisa mengerti ucapan anda, namun si kecil akan merasa nyaman karena merasa anda perhatikan.

– Menyanyikan lagu berirama riang saat mandi.
Saat mandi bisa jadi pilihan agar suasana mandi lebih menyenangkan. Anak-anak biasanya menyukai musik yang berirama riang gembira.