Melihat Perkembangan Balita

Melihat Perkembangan BalitaMencatat perkembangan bayi Anda dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk melihat dia tumbuh, terutama jika Anda menggunakan sistem lembar memo untuk mencatat semua perkembangannya. Dari senyum pertama hingga pesta pertamanya, orangtua yang mencatat dalam lembar memo perkembangan anak-anak mereka dapat menjadi lebih baik untuk terus menjaga mereka; hal tersebut akan memberikan catatan tahun-tahun awal bayinya.

Anda akan melihat bahwa anak Anda memiliki pertumbuhan pesat sekali dalam waktu yang relatif singkat. Dokter anak Anda akan membandingkan pertumbuhan anak Anda menggunakan grafik persentil; Anda dapat menemukan grafik seperti ini di website ini jika Anda ingin untuk menandai perkembangan anak Anda terhadap perkembangan yang ideal.

Anda tidak perlu khawatir tentang persentil.

1. Ketika Bayi Lahir
Mereka akan diukur panjang dan beratnya dalam pon atau kilogram. Anda dapat mengukur lingkar kepala bayi Anda hingga panjang kakinya dengan meteran setiap bulan, atau bahkan menggambar outline tentang anak Anda pada papan poster. Pada outline tersebut, perhatikan setiap perubahan perkembangannya seperti gigi baru, perilaku seperti mengoceh, atau tidur sepanjang malam. Mencatat hal ini akan membantu Anda untuk membuat gambaran secara penuh tentang anak Anda ketika masih bayi.

2. Menggunakan Kamera Digital
Gunakan kamera digital untuk mengambil gambar bayi Anda secara berkala, catat perubahan seperti ekspresi wajah dan pertumbuhan rambut. Tempelkan fotonya ke karton, tuliskan bulan dan tahun dan tambahkan catatan tentang tanggal bermainnya, kegiatan, ekspresi bayi Anda pada yogurt, kucing, atau lainnya.

3. Tahap Perkembangan Anak
Tahap-tahap perkembangan anak Anda akan sangat cepat! Tetap simpan sepatu bayi anda yang lama dan buat kotak untuk menyimpan agar dapat dilihat nantinya.

4. Menggunakan Kit Footprint atau Handprint
Gunakan kit footprint atau handprint bayi anda untuk membuat stempel dari tangan dan kaki bayi anda, kemudian gunakan stempel tersebut untuk membuat stiker atau karya seni pada dinding atau lantai.
5. Membuat Bagan Bayi
Buat bagan karya bayi Anda seperti coretan, gambar dan potongan kertas yang dibuat oleh anak Anda. Ambil foto sebelum membersihkan coretan, gambar yang dibuat oleh bayi Anda pada tembok atau yang lainnya lalu simpan foto dan karya lainnya di lembar memo khusus.