Langkah yang Anda Harus Lakukan Pada Bayi

Tahukah Anda, bahwa di balik tangisannya, tawa kecilnya, saat-saat bermainnya, ternyata si buah hati Anda ‘mengamati’ tindak-tanduk yang Anda dan pasangan lakukan. Mungkin Anda tak percaya bahwa si kecil mempunyai bakat sebagai detektif yang memata-matai tingkah laku Anda, tapi ini fakta! Tanpa Anda sadari, apa yang terjadi di sekitarnya dapat menjadi gaya hidup bagi dirinya kelak. Ini merupakan hal yang wajar bagi si kecil yang mulai menginginkan melakukan hal-hal yang dilakukan oleh orang dewasa. Jadi, sekarang Anda dan pasangan harus memulai untuk melakukan hal-hal yang bersifat positif di depannya. Agar kelak, hal-hal itu juga yang dapat menjadi panutan hidupnya.

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan di depannya:

Berjuang

Bagi pasangan rumah tangga, pertengkaran, atau perbedaan argumentasi adalah hal wajar yang sering kita temui. Biarkan si kecil melihat dan mempelajari hal ini. Bukan berarti Anda dan pasangan harus berteriak-teriak atau membanting pintu di depannya. Yang harus Anda lakukan adalah, buat si kecil memahami bahwa perbedaan pendapat pasti terjadi di mana saja. Tak hanya itu, cara menyampaikan pendapat dan menuntaskannya pun dapat menjadi pembelajaran tersendiri baginya kelak.

Ciuman

Berciuman adalah sebuah pengungkapan tanda kasih sayang terhadap satu sama lain. Melakukan hal ini, dapat memberi pengertian pada si kecil bahwa mengasihi satu sama lain itu adalah hal yang harus dilakukan. Terapkanlah dalam kehidupan berumah tangga Anda peraturan-peraturan kecil. Jika suami Anda pergi ke luar rumah, lakukan ciuman hangat untuknya, begitu pula setibanya di rumah. Proses ini akan terekam jelas di ingatannya, bahwa dengan rutinitas berciuman ini selain menunjukkan tanda kasih sayang, juga menunjukkan rasa hormat terhadap satu sama lain.

Komunikasi

Komunikasi sangat penting bagi pasangan rumah tangga di segala penjuru dunia. Namun, bagi si buah hati Anda pun, hal ini dapat bermanfaat bagi gaya hidupnya kelak. Berkomunikasilah dengan pasangan Anda setiap saat. Bicarakan tentang pekerjaan, keuangan, atau hal-hal lainnya di depan si kecil. Pembicaraan yang terlontar dari kedua orang tuanya dapat membuatnya belajar akan pentingnya suatu kepedulian. Mungkin sesekali Anda juga dapat mengajaknya ikut berkomunikasi mengenai pekerjaan ayahnya. Hal ini dapat membuatnya merasa dibutuhkan dan di hargai.

Penyesalan

Di saat Anda dan pasangan terlibat oleh perang argumentasi, kini saatnya bagi Anda untuk menebusnya. Tunjukkan pelukan dan ciuman yang Anda tujukan pada pasangan di depan si kecil. Bahaslah masalah Anda dan pasangan dengan kepala dingin. Ungkapkanlah hal-hal apa saja yang membuat Anda jengkel dengan pasangan. Hal ini akan membuatnya belajar memahami dan memaafkan orang lain.