Kondisi Ibu Hamil Memasuki Bulan 9

Kondisi Ibu Hamil Memasuki Bulan 9Pada saat ini mungkin berat badan anda sudah bertambah lagi sekitar 1-1,5 kg. Hal ini membuat membuat rahim anda mendorong kearah diafragma yang menyebabkan anda menjadi mual-mual dan bahkan anda merasa kalau nafas anda lebih pendek atau ngos-ngosan.

Hal ini adalah sudah biasa terjadi karena jumlah pernafasan yang anda lakukan lebih meningkat pada saat anda hamil, terlebih lagi apabila anda mengalami kehamilan kembar mungkin semakin banyak intensitas pernafasan yang anda lakukan.

Anda tidak perlu khawatir bayi akan kekurangan oksigen dengan pendeknya nafas anda karena tubuh anda juga telah menyesuaikan diri dengan kehamilan ini kebutuhan oksigen bagi anda dan bayi maka bernafaslah secara normal dan selain itu sedikit relax, ambil nafas dalam-dalam, perhatikan postur tubuh anda hindari membungkuk.

Pada beberapa wanita akan merasakan gatal disekitar perut atau bahkan akan timbul garis merah. Hormon kehamilan yang menunjang terjadinya rasa gatal tersebut selain itu juga pembesaran pada perutlah menyebabkan jaringan kulit pun membesar, terkadang pembesaran ini juga disertai dengan rasa gatal.

Pada beberapa wanita akan timbul seperti bentol-bentol merah yang timbul disekitar perut dan diantara stretchmark ysng meluas kesekitar paha dan tangan. Rasa gatal ini juga terjadi karena adanya reaksi iritasi pada kehamilan atau yang disebut dengan pruritic urticarial papules.

Rencana kelahiran perlu disiapkan agar pada saatnya mendekati persalinan semua berjalan lancar, pada dasarnya… apabila bunda belum menyiapkan rencana kelahiran dan pada saat melahirkan terjadi bunda sudah tidak mungkin lagi berpikir apa yang harus dilakukan.

Pembentukan Organ Bayi

Otak bayi anda semakin pesat berkembang pada saat ini juga otak bayi anda sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. Walaupun tulang-tulang bayi sudah semakin mengeras tetapi otot-otot bayi anda belum benar-benar bersatu.

Bayi sudah bisa mengambil nafasa dalam-dalam walaupun nafasnya masih di dalam air. Apabila bayi anda laki-laki maka testical bayi sudah mulai turun dari perut menuju scrotum. Bayi anda sudah dapat membuka mata apabila bayi baru saja bangun tidur dan dia akan menutup mata apabila mengantuk dan tidur, andapun sudah dapat memperhatikan jadwal tidurnya.

Fungsi pendengarannya sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Kulit bayi bunda sudah semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi. Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis dari bayi.

Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian, maka bundalah yang harus mengajari bagaimana dan berapa jam waktu terang atau siang hari dan berapa lamakah waktu istirahat atau gelap, waktu dimana bunda mengajari bayi untuk beristirahat.