Ketika Tali Lidah Bayi Menyulitkan Mengisap Puting Ibunya

Ketika Tali Lidah Bayi Menyulitkan Mengisap Puting IbunyaKetika bayi sulit menghisap Air Susu Ibu (ASI) sebaiknya perhatikan lidahnya. Karena tali lidah menyulitkan bayi untuk menghisap puting ibunya. Tapi jangan khawatir, dengan pemotongan tali lidah yang sederhana bayi bisa menyusu dengan mudah. Tali lidah atau dalam istilah medis disebut tongue tie merupakan jaringan tipis yang menghubungkan dasar lidah dengan ujung bagian bawah. Bayi dengan kelainan bawaan tersebut akan merasa sakit dan kesulitan saat menghisap.

Pengatasannya cukup mudah, hanya dengan prosedur pemotongan yang sederhana. Namun Sandra Sullivan, MD, dokter anak mengatakan prosedur itu jarang dilakukan karena sebagian dokter menganggapnya tidak terlalu penting. Padahal menurut Sullivan, untuk menghisap secara efektif dibutuhkan kemampuan lidah yang lebih kompleks dibandingkan menghisap botol susu. Adanya tali lidah membuat bayi tidak bebas menggerakkan lidahnya ke atas, bawah atau menyamping sesuai kebutuhan.

Ketika bayi sulit menggerakkan lidahnya ke atas untuk menahan, ia masih bisa menggigit karet dot tetapi tidak bisa melakukan hal yang sama pda puting ibunya. Selain akan menyakiti si ibu, gigitan juga akan membuat kelenjar susu yang sangat kecil itu tersumbat. Dalam laporannya di jurnal Paediatrics, Sullivan menyebut dampak dari masalah tali lidah antara lain berupa gangguan pertumbuhan. Ia mencontohkan seorang bayi yang pada usia 6 bulan, berat badannya justru lebih rendah dibanding saat dilahirkan.