Kesehatan Fisik Pada Masa Kehamilan

Kesehatan Fisik Pada Masa KehamilanMengalami beberapa perubahan fisik berkaitan dengan berbagai sistem tubuh.

Selama masa kehamilan yang berlangsung sembilan bulan, tubuh mengalami beberapa perubahan fisik yang berkaitan dengan berbagai sistem tubuh, seperti sistem otot dan tulang serta sistem jantung dan pernapasan. Selama beberapa dekade terakhir, studi menunjukkan bahwa para pasangan telah lebih memahami akan perubahan tubuh saat hamil dan pengetahuan pada masa awal kehamilan. Sekarang ini banyak yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kondisi fisik pasangan saat merencanakan kehamilan, misalnya, olahraga ringan yang aman untuk menjaga kesehatan sebelum dan setelah mengandung.

Latihan pada otot dasar panggul meningkatkan kekuatan otot dasar panggul yang akan membantu menyokong tulang belakang dan bagian panggul, terutama pada tahap akhir kehamilan. Kesehatan otot dasar panggul juga dapat meningkatkan kualitas aktivitas seksual dan mengurangi risiko gangguan pada saluran kencing setelah melahirkan. Latihan yang berfungsi untuk memperkuat stabilitas inti tubuh dapat membantu memelihara kesehatan tulang belakang. Mempunyai kekuatan tubuh yang baik dapat meningkatkan keseimbangan dan kestabilan individu serta meminimalkan risiko trauma tulang belakang ataupun jatuh pada saat hamil.

Memiliki jantung sehat dapat pula membantu mengatasi beberapa gejala fisik selama kehamilan. Ini membantu meningkatkan atau menjaga kadar energi wanita serta membantu mereka mengatasi peningkatan kondisi psikologi yang dapat terjadi saat mengandung dan mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Kemampuan mengontrol pernapasan pun akan turut membantu Anda mengatasi rasa sakit.