Kelainan Kulit Pada Bayi Harus di Waspadai

Kelainan Kulit Pada Bayi Harus di WaspadaiWaspadai Kelaianan Kulit Pada Bayi

Tahukah Anda jika kesehatan kulit berpengaruh pada tumbuh kembang anak ? Salah satu penyakit kulit yang harus diwaspadai adalah dermatitis. Dermatitis adalah penyakit peradangan pada kulit yang ditandai rasa gatal, bersifat kronis lantaran hilang timbul, dan berhubungan dengan penyakit alergi lain, seperti asma. Sebagian dermatitis akan tampak sebagai gelembung-gelembung kecil berwarna merah berisi cairan jernih, bila pecah, maka gelembung itu akan tampak basah, dan jika mengering, maka itu bisa menjadi koreng ke kuningan atau kehitaman.

Jika di pipi bayi Anda muncul tanda-tanda seperti itu, perlu Anda waspadai. Berbeda dengan bayi, dermatitis pada anak yang lebih besar muncul didaerah lekukan lengan dan lutut. Gangguan yang bisa timbul mulai usia 3-4 bulan dan dapat berlanjut hingga usia dewasa ini biasanya terpicu oleh kondisi kulit yang cenderung kering.
Selain akibat faktor genetik, iritasi oleh sabun mandi, sabun pakaian, pelembut pakaian, dan bahan kimiawi lainnya turut menmjadi faktor penyebabnya. Tak hanya itu alergi terhadap makanan tertentu atau debu rumah juga menyebabkan timbulnya dermatitis.

Untuk mengatasinya, pakailah lotion pelembab, mandi dengan sabun yang lembut, dan air suam-suam kuku. Hal ini dapat membantu mengurangi kekeringan kulit dan munculnya gejala gatal. Namun, dermatitis akibat iritasi sabun diatasi dengan menghilangkan bahan-bahan penyebab iritasi.