Keguguran Biasanya Terjadi di Usia Kehamilan Minggu Pertama

Keguguran Biasanya Terjadi di Usia Kehamilan Minggu Pertama

Keguguran atau aborsi spontan biasanya terjadi saat usia kehamilan memasuki 20 minggu pertama. Meski ada banyak penyebabnya, namun gejala keguguran pada banyak ibu hamil biasanya sama. Tak ada seorang ibu hamil yang rela keguguran, apalagi jika sekian lama dia telah menantikan datangnya buah hati. Namun bagaimanapun juga kemungkinan itu tetap ada, apalagi bila Anda mengalami

Ada beberapa gejala berikut ini.

Pendarahan

Dibanding dengan bercak-bercak darah yang biasanya muncul pada trimester pertama kehamilan, maka pendarahan dalam jumlah banyak jelas perlu perhatian khusus.

Sakit

Timbulnya sakit yang amat menusuk pada area perut, panggul, atau punggung belakang.

Kram

Biasanya muncul kram berlebihan di area perut atau panggul bisa menjadi gejala mula-mula seorang ibu mengalami keguguran. Saat kram pada ibu hamil makin menjadi bahkan disertai dengan nafas berat, maka saatnya untuk periksa kandungan ke dokter.

Penggumpalan darah

Gejala paling serius dari keguguran adalah keluarnya gumpalan darah yang keluar dari lubang vagina. Jika warnanya keabu-abuan, maka warna tersebut mirip dengan jaringan fetal yang berhubungan dengan janin.

Catatan khusus:

Bagi ibu hamil yang sebelumnya pernah merasakan tendangan dari bayinya, maka gejala paling nyata adalah tidak adanya lagi tendangan dari janin.