Jenis Perlukaan Pada Bayi Baru Lahir

https://www.ibubayi.comAbrasi dan laserasi

Abrasi dan laserasi kadang-kadang terjadi sebagai akibat sayatan pisau bedah pada saat bedah sesar atau persalinan dengan menggunakan alat (seperti vakum, cunam). Laserasi kadang-kadang dapat  mengenai sutura.

Komplikasi infeksi mungkin terjadi meskipun kemungkinannya kecil. Penanganan terdiri atas pembersihan dan pengeringan kulit yang terluka, pemberian salep antibiotic, dan obesrvasi. Kadang-kadang laserasi memerlukan tindakan penjahitan.

Eritema, petekiae, dan ekimosis

Kelainan ini ditemukan dibawah kulit bagian tubuh yang mengalami tekanan pada waktu bayi dilahirkan. Jenis persalinan yang sering menyebabkan kelainan ini ialah presentasi muka dan persalinan dengan ekstraksi forceps atau vakum. Kelainan ini tidak memerlukan pengobatan khusus dan biasanya menghilang dalam minggu pertama.

Nekrosis jaringan lemak subkutan

Nekrosis jaringan lemak subkutan biasanya tidak terdeteksi pada saat lahir. Kelainan ini dapat ditemukan pada persalinan lama atau persalinan dengan alat yang menyebabkan tekanan yang lama pada bagian tertentu.

Kulit bersama lemak  subkutan menjadi nekrotik dengan batas yang tidak tegas sehingga terbentuk plat yang ireguler, keras, nonpitting berwarna merah-ungu kehitaman pada ekstremitas, wajah, tubuh, atau bokong.

Tidak ada terapi khusus, biasanya diperlukan waktu 6-8 minggu untuk penyembuhan. Nekrosis jaringan lemak subkutan kadang-kadang mengalami kalsifikasi. Bahaya besar adalah infeksi.

Perdarahan subkonjungtiva

Kelainan ini sering ditemukan pada bayi, baik pada persalinan biasa maupun pada persalinan yang sulit. Darah yang tampak pada konjungtiva bulbi biasanya diserap lagi setelah 1-2 minggu tanpa memerlukan pengobatan khusus.