Infeksi Sistem Saraf Pusat Pada Anak

Infeksi Sistem Saraf Pusat Pada AnakInfeksi sistem saraf pusat teramat gawat. Meningitis mempengaruhi selaput yang melindungi otak dan spinal cord. Encephalitis mempengaruhi otak sendiri.

Virus yang menulari sistem saraf pusat (otak dan spinal cord) termasuk virus herpes, virus arbo, coxsackie virus, echo virus, dan entero virus. Beberapa infeksi ini mempengaruhi terutama meninges (jaringan yang menutupi otak dan spinal cord) dan menghasilkan radang selaput/meningitis. Yang lain mempengaruhi terutama otak dan menyebabkan radang otak. Infeksi yang mempengaruhi baik meninges maupun otak mengakibatkan meningoencephalitis. Radang selaput jauh lebih sering terjadi pada anak daripada radang otak.

Virus mempengaruhi sistem saraf pusat dengan dua cara. Mereka secara langsung menginfeksi dan menghancurkan sel di sistem saraf pusat selama sakit yang akut. Sesudah sembuh dari infeksi – di sistem saraf pusat atau di tempat lain pada tubuh – respon kekebalan tubuh atas infeksi kadang-kadang menyebabkan kerusakan sekunder pada sel di sekitar syaraf. Kerusakan sekunder ini (pasca-infeksi encephalomyelitis atau penyebaran encephalomyelitis akut) menyebabkan anak mempunyai gejala beberapa minggu sesudah kesembuhan dari sakit yang akut.

Anak memperoleh infeksi sistem saraf pusat lewat berbagai rute. Bayi baru lahir bisa terinfeksi herpesvirus lewat kontak dengan secret yang tertular di liang kelahiran. Infeksi virus lain diperoleh dari udara pernafasan yang tercemar dengan virus berisi droplets yang dikeluarkan oleh napas orang terinfeksi. Infeksi Arbovirus diperoleh dari gigitan oleh serangga terinfeksi.

Gejala dan pengobatan radang selaput dan radang otak virus pada anak dan remaja sama dengan pada orang dewasa. Karena sistem kekebalan tubuh masih berkembang pada bayi baru lahir dan bayi, infeksi berbeda bisa terjadi, dan ketidakmampuan bayi untuk menceritakan secara langsung mempersulit untuk mengerti gejala mereka. Namun demikian, biasanya bayi dengan infeksi sistem saraf pusat menyebabkan beberapa gejala digambarkan di bawah ini.