Indera Penciuman Bayi Dipengaruhi Makanan Dari Ibu

Makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungannya. Studi terbaru menemukan perkembangan indera penciuman bayi secara fisik dipengaruhi makanan dari ibu. Banyak teori yang menyatakan bahwa apa yang ibu makan saat hamil akan menentukan seperti apa anaknya kelak.

Para ahli biologi di Colorado University melakukan penelitian untuk membuktikan dan menemukan penyebab mengapa hal tersebut terjadi, serta bagaimana makanan dapat mempengaruhi perkembangan fisik indera penciuman pada bayi.

Peneliti menuturkan bahwa paparan bau dari makanan yang dikonsumsi ibu saat hamil dapat memicu pertumbuhan glomeruli tertentu, yaitu struktur bola pada indera penciuman yang menghubungkan bau dari rongga hidung ke otak.

Selain bau makanan, penelitian juga menemukan bahwa bau yang paling kuat yang dirasakan janin selama dalam kandungan adalah bau dari ibunya sendiri. Sistem perkembangan ini sangat penting, karena hal tersebut memungkinkan bayi yang baru lahir langsung bisa mengenali bau ibunya saat baru dilahirkan.