Hipertensi Juga Terjadi Pada Bayi

Hipertensi Juga Terjadi Pada BayiHipertensi memang jauh lebih umum dikalangan orang dewasa, tapi diperkirakan jumlah anak yang mengalami hipertensi juga bisa meningkat seiring terjadinya peningkatan obesitas dikalangan anak-anak. Siapa bilang penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya terjadi pada orang dewasa? Anak-anak atau bayi juga bisa memiliki tekanan darah tinggi.

Sedangkan pada bayi, hipertensi disebabkan oleh kelahiran prematur atau adanya masalah pada jantung atau ginjalnya. Tekanan darah tinggi yang terjadi pada anak-anak atau remaja umumnya tidak memiliki masalah dengan kesehatan lainnya. Tapi jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada jantung, otak, ginjal dan mata. Umunya anak-anak yang memiliki hipertensi disebabkan oleh adanya riwayat hipertensi di keluarganya, gaya hidup tidak sehat
pola makan buruk, kelebihan berat badan, stres dan kurang aktivitas fisik.

Bila seseorang memiliki tekanan darah tinggi, maka jantung dan pembuluh darah memiliki beban kerja yang jauh lebih berat. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama, maka jantung dan pembuluh darah mungkin tidak bisa lagi bekerja secara optimal. Pada anak-anak disebut mengalami hipertensi jika tekanan darahnya lebih tinggi 95 persentil untuk usia, tinggi dan jenis kelaminnya.

Jika hipertensi yang terjadi pada anak-anak akibat penyakit tertentu, maka dengan mengobati penyakit tersebut tekanan darah normal akan bisa didapatkan kembali. Namun jika tidak ada penyakit yang mendasari, maka dokter akan merekomendasikan untuk mengurangi berat badan, meningkatkan konsumsi buah dan sayuran, mengurangi asupan garam, meningkatkan aktivitas fisk, mempelajari teknik-teknik relaksasi serta menghindari anak dari asap rokok.