Haus Berlebihan Bisa Berpenyakit Serius Pada Anak

Haus Berlebihan Bisa Berpenyakit Serius Pada AnakMemang, haus berlebihan sering terjadi pada anak dan kebanyakan orangtua cenderung mengabaikan gejala-gejala tersebut. Para orangtua sering menganggap haus berlebihan karena anaknya terlalu aktif bermain di luar rumah, sehingga menyebabkan dehidrasi. Haus berlebihan merupakan gejala umum yang sering dikeluhkan anak. Tapi hal ini harus diwaspadai, karena haus berlebihan bisa jadi merupakan gejala penyakit
serius.

Berbagai penyebab haus berlebihan yang terjadi pada anak:

Lemah jantung
Penyebab lain haus yang berlebihan pada anak seperti adanya gagal jantung kongestif, yaitu lemah jantung sehingga tidak dapat memompa darah dan oksigen.

Penyakit ginjal
Jika jumlah cairan yang masuk pada tubuh anak tidak sebanding dengan jumlah yang dikeluarkan melalui buang air kecil, maka kemungkinan anak akan menderita penyakit ginjal.

Dehidrasi
Dehidrasi adalah suatu kondisi hilangnya banyak cairan dari tubuh. Salah satu penyebab paling umum dehidrasi pada anak adalah infeksi virus, yang menyebabkan demam tinggi, muntah dan diare.

Diabetes Mellitus
Salah satu penyebab paling umum kehausan berlebihan adalah diabetes. Diabetes mellitus ditandai oleh triad klasik polifagia (kelaparan yang berlebihan), polidipsia (haus yang berlebihan) dan poliuria (buang air kecil yang berlebihan).

Diabetes insipidus
Diabetes insipidus adalah suatu kondisi yang mana terdapat kekurangan hormon anti-diuretik atau ketidakpekaan terhadap ginjalnya. Hormon anti-diuretik hormon yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal ke ginjal dan butuh menyerap air sebanyak mungkin.