Hasil Pemeriksaan Jantung Bocor Sejak Dalam Kandungan

Hasil Pemeriksaan Jantung Bocor Sejak Dalam KandunganJantung normal terdiri dari 4 ruang yaitu 2 ruang sebelah atas, masing-masing serambi kiri dan serambi kanan, dan 2 ruang sebelah bawah yaitu bilik kiri dan bilik kanan. Serambi kiri dan serambi kanan lazimnya mempunyai bentuk yang berbeda. Jika kedua serambi berbentuk sama seperti serambi kanan maka disebut right isomerism. Normalnya, antara kedua bilik jantung terdapat sekat yang tidak bercelah. Jika terdapat celah, disebut VSD (Ventricular Septal Defect). Kalau celah ini terletak pada bagian yang tipis dari sekat antarbilik disebutVSD perimembranous.

Terdapat 2 pembuluh nadi besar yang keluar dari jantung yaitu pembuluh nadi utama yang keluar dari bilik kiri dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh kecuali ke paru-paru dan pembuluh nadi paru yang keluar dari bilik kanan dan mengalirkan darah ke paru-paru. Jika terdapat celah antara kedua bilik, maka ada kemungkinan aorta tampak keluar dari bilik kiri dan bilik kanan sekaligus. Keadaan ini disebut sebagai overriding aorta. Prosentase overriding ditentukan oleh prosentase muara aorta yang berada di bilik kanan. Jika 50 % berarti separuh aorta keluar dari bilik kiri dan separuh lagi dari bilik kanan.

Pada jantung terdapat 3 pembuluh balik utama yaitu pembuluh balik yang berasal dari paru dan mengalirkan darah ke serambi kiri, pembuluh balik yang berasal dari tubuh bagian atas, serta pembuluh balik dari bagian tubuh bawah yang keduanya mengalirkan darah ke serambi kanan. Jika terdapat juga pembuluh balik dari tubuh bagian atas yang menuju ke serambi kiri, maka pembuluh ini disebut PLSVC (Persistent Left Superior Vena Cava’).

Dilihat dari pemeriksaan ekokardiografi, pada posisi di bawah jantung, pembuluh balik berada di kanan sedangkan pembuluh nadi berada di kiri. Keadaan ini disebut sebagai situs solitus. Jika posisi kedua pembuluh ini meragukan, disebut sebagai situs ambigus. Setelah keluar dari bilik kiri, aorta akan melengkung dan lengkungan ini disebut arkus aorta. Jika arkus aorta baik, berarti bentuknya normal tanpa kelainan.

Jantung janin dapat terlihat dengan pemeriksaan USG perut ibu hamil. Kelainan yang ada juga bisa dideteksi meskipun tidak selalu akurat Untuk mengetahui keadaan jantung janin, diperlukan keahlian khusus dan biasanya dikerjakan oleh dokter ahli jantung anak yang berpengalaman dalam bidang ini.

Banyak penyebab penyakit jantung bawaan tidak diketahui dengan pasti. Sebagian dapat timbul karena penyakit yang dialami ibu sewaktu hamil seperti rubella atau diabetes atau karena obat yang diminum ibu sewaktu hamil. Pemberian obat pengencer dahak tidak mempunyai efek samping terhadap jantung.