Hal-hal Penting Disampaikan Dengan Jujur Saat Pemeriksaan Kandungan

Hal-hal Penting Disampaikan Dengan Jujur Saat Pemeriksaan KandunganMembicarakan kehamilan ada etikanya, tidak semuanya perlu dibahas jika tidak ingin membuat orang lain tersinggung.

Lain halnya saat berhadapan dengan dokter kandungan, beberapa hal berikut ini benar-benar harus disampaikan apa adanya.

Seorang dokter bekerja di bawah sumpah, sehingga tidak boleh sembarangan mengumbar gosip tentang pasiennya.

Jadi jangan khawatir, tidak ada yang perlu ditutup-tutupi demi kesehatan dan keselamatan kandungan itu sendiri.

Hal-hal yang penting untuk disampaikan dengan jujur saat memeriksakan kandungan di antaranya adalah:

Siapa ayah dari anak yang dikandung?

Dokter tidak sedang bicara soal moral dan legalitas perkawinan ketika menanyakan hal tersebut. Beberapa hal menyangkut kesehatan janin erat kaitannya dengan garis keturunan, sehingga penting untuk diketahui.

Apakah sering mengonsumsi alkohol?
Jangan khawatir, dokter tidak akan menghukum seseorang yang minum alkohol karena bukan kewenangannya. Konsumsi alkohol penting untuk diketahui karena berkaitan dengan reaksi dan interaksi obat di dalam tubuh.

Pernahkah melakukan aborsi?
Biasanya dokter akan menanyakan hal ini pada pasien yang datang dengan keluhan sulit punya keturunan. Hal ini tentu saja penting diketahui karena erat kaitannya dengan kesehatan organ reproduksi.

Pernah berhubungan seks dengan berapa orang?

Rasanya dokter tidak akan meminta pasiennya menyebutkan satu persatu. Pertanyaan ini hanya ingin memastikan kecenderungan seksual seseorang, apakah monogami atau poligami (resmi atau tidak resmi).

Apakah gairah seks menurun?

Segala hal yang menyangkut gariah seks memang paling nyaman jika dibicarakan dengan pasangan. Namun jika dokter kandungan menanyakan hal itu, akui saja apa yang dirasakan sebab sebenarnya dokter sedang memeriksa kondisi hormonal pasiennya.