Gerakan Olahraga Yang Bisa Menggugurkan Kandungan

IBUBAYI.COM – Menjaga kesehatan tubuh merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan oleh dokter. Begitu juga dengan wanita yang sedang hamil. Menjaga kesehatan kehamilan merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh Setiap wanita yang sedang hamil untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar janin yang berada dalam kendungan terjaga sampai waktu kelahiran.

gerakan-olahraga-yang-bisa-menggugurkan-kandunganWalaupun demikian, seorang wanita hamil dilihat dari kondisiya. Ada beberapa larangan atau hal yang perlu dihindari oleh seorang ibu hamil. Larangan ibu hamil tersebut biasanya berupa makanan atau kegiatan yang terlalu berat. Selain itu kegiatan olahraga sendiri sebenarnya juga ada yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena dapat mengganggu kandungannya.

Apa saja olahraga tersebut?

Seorang ibu hamil tentu ingin kandungannya sehat dan dapat melahirkan dengan lancar. Namun tidak sedikit juga yang masih ingin berolahraga walaupun dalam keadaan hamil. Olahraga saat dala keadaan hamil sebetulnya tidak ada larangan asalkan masih dalam batasan olahraga wanita hamil artinya bukan olahraga yang berat-berat.

Beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil :

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga adalah kegiatan yang sangat dianjurkan para dokter, terutama pada ibu hamil. Namun, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi Anda saat ini yang sedang hamil. Olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil tentu olahraga ringan, yang menekankan pada teknik pernapasan dan tidak menggunakan gerakan yang menghentak-hentak, meloncat-loncat, angkat beban maupun lari.

Olahraga yang cocok untuk wanita hamil adalah yoga (senam hamil), jalan kaki, renang, sepeda stasioner (sepeda di tempat). Namun perlu diperhatikan kembali dengan kondisi ibu hamil. Jika kondisi tubuh Anda sering merasa mual, lemas dan tidak bertenaga saat sedang berolahraga, sebaiknya segera hentikan kegiatan tersebut.

Hal ini justru memperburuk kondisi kesehatan Anda dan bayi, jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga. Lakukan latihan setelah Anda benar-benar siap dan memungkinkan. Konsultasilah kepada dokter kandungan Anda olahraga yang sesuai dengan kondisi kehamilan Anda.