Fraktur Tulang Panjang dan Klavikula pada Bayi Baru Lahir

https://www.ibubayi.comTrauma Tulang

Fraktur lebih sering terjadi setelah persalinan sungsang dan/atau distosia bahu pada bayi makrosomia.

Fraktur Klavikula

Klavikula merupakan tulang yang paling sering mengalami fraktur pada neonatus karena proses kelahiran. Fraktur klavikula merupakan komplikasi yang tidak dapat diprediksi dan dihindari pada persalinan normal.

Fraktur klavikula biasanya berhubungan dengan berat lahir, persalinan midforseps, dan distosia bahu. Bayi dapat memperlihatkan pseudoparilisis.

Pada pemeriksaan didapatkan krepitasi, perabaan tulang yang ireguler, dan spasme otot sternokleidomastodinus. Pemeriksaan radiologic akan memastikan adanya fraktur.

Penyembuhan biasanya terjadi dalam 7-10 hari dengan imobilisasi dalam posisi abduksi 60dan fleksi 900 dari siku yang terkena. Untuk mengurangi rasa sakit, pergerakan lengan harus dibatasi. Jangan lupa untuk mencari adanya trauma lainnya pada medulla spinalis, pleksus brakialis, dan humerus.

Fraktur Tulang Panjang

Tidak adanya gerakan spontan lengan atau tungkai merupakan tanda awal fraktur tulang panjang, diikuti oleh pembengkakan dan nyeri pada pergerakan pasif.

Dokter kandungan dapat merasa atau mendengar derik fraktur pada saat kelahiran bayi. Pemeriksaan radiologic anggota gerak akan memastikan diagnosis.

Fraktur humerus terjadi pada kesalahan teknik dalam melahirkan lengan pada presentasi kepala atau pada sungsang dengan lengan menjungkit keatas.

Pada keadaan ini biasanya sisi yang terkena tidak dapat digerakkan dan refleks Mono sisi tersebut menghilang. Prognosis penderita sangat baik dengan dilakukannya imobilisasi lengan selama 2-4 minggu

Fraktur femur jarang terjadi dan biasanya disebabkan oleh kesalahantehnik dalam menolong persalinan sungsang. Gejala yang tampak pada pasien adalah pembengkakan pada paha disertai nyeri bila dilakukan gerakan pasif pada tungkai.

Diagnosis pasti dibuat dengan melakukan traksi pada kedua tungkai, walaupun fraktur hanya terjadi unilateral. Penyembuhan sempurna dapat terjadi setelah 3-4 minggu pengobatan.

Pembentukan kalus dan penyembuhan sempurna diharapkan terjadi dalam 2-4 minggu. Dalam 8-10 hari, pembentukan kalus sudah cukup untuk menghentikan imobilisasi.

Konsultasi dengan dokter spesialis bedah tulang disarankan. Pemeriksaan radiologis dapat membedakan fraktur dengan arthritis septic.