Faktor yang Menyebabkan Bau Kaki Pada Bayi

Faktor yang Menyebabkan Bau Kaki Pada BayiBau pada kaki sering terjadi pada orang dewasa. Tapi kini bukan hanya orang dewasa, kaki bayi yang imut dan lucu pun kerap juga terjadi bau kaki. Kaki bayi dan anak-anak sering berkeringat bahkan lebih dari kaki orang dewasa. Inilah yang menyebabkan bayi juga mengalami bau kaki. Penyebab bau kaki pada bayi biasanya mudah diobati dengan beberapa tindakan pencegahan. Dilansir Livestrong,

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan bau kaki pada bayi:


Kaki lembab dan kotor.

Kaki yang berkeringat dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk tumbuh. Dan jika tidak dibersihkan setiap hari, bau pada kaki akan terus berlanjut. Untuk itu, bersihkan kaki bayi yang berkeringat, lembab dan kotor dengan handuk yang dibasahi air hangat setiap hari.

Bakteri.
Bakteri pada kaki bayi dapat menyebabkan bromhidrosis, yaitu kondisi yang membuat kaki sangat bau. Bakteri ini akan tumbuh pada kaki yang berkeringat dan memakan sel-sel kulit mati serta minyak di kulit kaki. Saat memproses makanannya, bakteri menghasilkan senyawa belerang yang mirip dengan bau telur busuk, sehingga membuat kaki bayi menjadi bau.

Sepatu plastik.
Kaki bayi yang kecil dan imut sering membuat orangtua ingin membelikan bermacam-macam sepatu. Namun orangtua harus hati-hati dan pandai memilih, jangan pilih sepatu berbahan plastik karena bisa menyebabkan kaki bayi lembab dan bau. Pilihlah sepatu berbahan alami seperti kulit atau kain yang dapat menguapkan keringat sebelum bakteri berkembangbiak di kaki bayi.

Kaus kaki.
Kaus kaki bayi biasanya terlihat lucu dengan warna warninya, tapi ini juga berkontribusi menyebabkan kaki bayi menjadi bau. Kaus kaki yang dimaksudkan adalah kaus kaki berbahan buatan, yaitu serat yang memungkinkan produsen membuatnya dengan harga murah.