Empat Mitos Keliru Nutrisi Selama Masa Kehamilan

Empat Mitos Keliru Nutrisi Selama Masa KehamilanKehamilan bukan masa yang mudah dalam kehidupan seorang wanita dan banyak dikaitkan dengan perubahan nutrisi, aktivitas fisik, ukuran baju, minat, kesehatan dan sebagainya.

Berikut empat mitos keliru tentang nutrisi selama kehamilan:

Mitos Pertama: wanita hamil perlu makan untuk 2 orang.
Seorang wanita hamil membutuhkan tambahan 300 kalori per hari. Hal ini bukan berarti wanita hamil harus makan dengan porsi untuk dua orang. Asupan makanan yang berlebihan akan menyebabkan ibu dan juga bayi kelebihan berat badan.

Mitos Kedua: hemoglobin (sel darah merah) ada dalam jumlah standar pada saat kehamilan.

Ada penurunan fisiologis di tingkat hemoglobin selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena volume darah meningkat dan kebutuhan bayi berkembang. Oleh karena itu, ibu harus menyediakan jumlah zat besi yang cukup ke tubuhnya.

Mitos Ketiga: tidak boleh minum kopi selama hamil.
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan keguguran atau bayi mungkin lahir kurang berat. Namun sebenarnya minum kopi masih diperbolehkan untuk wanita hamil, asal dengan porsi dan waktu kehamilan tertentu.

Mitos Keempat: zat besi banyak di sayuran hijau.
Zat besi sebenarnya banyak ditemukan dalam hati, daging sapi, kalkun, ayam dan ikan. Sereal juga kaya zat besi. Sayuran hijau memang mengandung zat besi, namun tidak sepenuhnya bisa diserap dan dicerna.