Dianjurkan Banyak Makan Ikan Pada Ibu Hamil

Dianjurkan Banyak Makan Ikan Pada Ibu HamilAhli gizi menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi banyak ikan untuk mengurangi risiko gangguan otak pada anaknya kelak. Ibu hamil harus mengonsumsi setidaknya tiga porsi (400 gram) ikan dalam seminggu.
Ahli gizi mencemaskan nasihat yang beredar selama ini yang membatasi konsumsi ikan tak lebih dari dua porsi dalam seminggu pada ibu hamil. Para ahli menduga hal inilah yang menyebabkan peningkatan gangguan otak pada anak.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 atau dikenal dengan asam docosaheksanoat (DHA) yang ditemukan pada ikan, sangat penting bagi otak agar bisa berfungsi dengan baik. Selama ini konsumsi ikan pada ibu hamil dan anak-anak masih terbatas, hal ini disebabkan adanya kekhawatiran mengenai kontaminasi dioksin dan juga metil merkuri pada ikan yang nantinya bisa berpotensi bahaya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam majalah Lancet di tahun 2007 menunjukkan hampir 12.000 perempuan hamil menunjukkan konsumsi makanan lautnya kurang dari 340 gram (setara dengan dua setengah porsi) dalam seminggu. Kondisi ini membuat anak-anak berisiko lebih besar memiliki kecerdasarn verbal yang rendah. Hal ini menyimpulkan bahwa risiko kehilangan nutrisi akan lebih besar dibandingkan dengan bahaya kontaminasi.