Definisi dan Penyebab Demam Pada Anak

Definisi dan Penyebab Demam Pada AnakDEFINISI

Demam adalah meningkatnya suhu tubuh dalam merespon infeksi, luka, atau peradangan. Suhu tubuh yang naik-turun, dan suhu yang meningkat sampai 100.3° F (sekitar 38 °C) bisa menjadi hal yang wajar pada anak yang sehat. Oleh karena itu, peningkatan suhu yang kecil yang tidak menyusahkan seorang anak tidak memerlukan perhatian medis. Suhu 100.4 °(sekitar 38 °C) dan lebih tinggi dianggap tidak wajar dan biasanya perlu mendapat perhatian, terutama sekali pada bayi dibawah 3 bulan.

PENYEBAB

Demam biasanya akibat dari infeksi biasa, seperti pilek dan nyeri lambung. Infeksi ini umumnya karena virus dan bisa sembuh tanpa pengobatan. Umumnya sedikit, demam terjadi karena infeksi pada telinga, paru-paru, kandung kemih, atau ginjal, umumnya infeksi bakteri memerlukan antibiotik. Pada bayi jarang terjadi, demam bisa jadi hanya tanda infeksi aliran darah (occult bacteremia), yang bisa mengarah ke meningitis dan infeksi keseluruhan (sepsis), dua kondisi yang mengancam jiwa. Anak dengan jenis infeksi ini biasanya terlihat sakit. Banyak kondisi selain infeksi menyebabkan demam pada anak, namun semua itu jarang. Tidak sama dengan demam yang disebabkan oleh infeksi biasa, demam ini berlangsung lebih dari beberapa hari.

Demam dapat terjadi setelah vaksinasi yang rutin dan bukan alasan untuk menghindari vaksin yang dianjurkan. Memberikan bayi acetaminophen atau ibuprofen pada waktu vaksinasi dan sesudahnya memperkecil resiko terkena demam atau menurunkan demam itu sendiri.