Ciri Darah Haid Karena Gagal Implantasi

IBUBAYI.COM – Keluarnya darah dari organ intim wanita merupakan beberapa tanda dan perlu penanganan khusus dari dokter. Bisa saja darah yang keluar merupakan tanda sebuah kehamilan khusunya bagi Anda yang pernah melakukan hubungan suami istri. Atau bisa juga merupakan tanda masalah pada kehamilan jika Anda memang sedang mengandung dan mendapati darah keluar dari selangkangan Anda. lebih parahnya lagi jika hal itu merupakan tanda keguguran.

ciri-darah-haid-karena-gagal-implantasiInilah yang menjadi masalah dari kebanyakan wanita, mereka banyak yang tidak mengetahui hal ini dan masih menganggap darah yang keluar dari selangkangan  menganggap hal ini hanyalah darah haid atau darah menstruasi. Oleh karena itu, pada kesempatan ini ibu bayi memberikan informasi tentang ciri darah haid karena gagal implantasi dan juga informasi mengenai ciri bercak darah yang berbahaya bagi ibu hamil.

Bercak Darah Tanda Kehamilan Berapa Lama?

Keluarnya bercak darah yang sering diistilahkan dengan pendarahan implantasi atau implantation bleeding merupakan salah satu dari beberapa tanda kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil. Bercak darah ini biasanya muncul 6 sampai 12 hari setelah terjadinya ovulasi atau pembuahan. Pada umumnya, bercak darah tersebut keluar selama satu sampai tiga hari saja. Hampir 1/3 dari wanita hamil mengalami pendarahan implantasi pada awal kehamilannya.

Pendarahan ini terjadi karena sel telur yang telah dibuahi akan berjalan menuju ke dalam rahim dan disitu sebagian implan menempel di lapisan rahim. Pada saat itulah tofroblas ( jaringan yang terbentuk disekitar sel telur ) dapat merusak pembuluh darah di dalam rahim sehingga dinding rahim mengalami pendarahan kecil yang akhirnya dikeluarkan melalui jalan lahir. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari lebih lanjut mengenai pendarahan implantasi yang merupakan tanda awal kehamilan.

Kenali Bercak Darah Tanda Kehamilan ( Implantation Bleeding )

Untuk menentukan apakah bercak darah yang keluar termasuk implantation bleeding atau bukan, Anda bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Perkirakan Kapan Pendarahan Terjadi

Implantation bleeding yang merupakan tanda kehamilan biasanya terjadi 6 sampai 12 hari setelah bercinta sampai dengan mendekati masa menstruasi. Pendarahan implantasi terkadang membuat bingung ibu hamil mengenai usia kandungannya, karena merasa siklus haidnya menjadi tidak normal. Pendarahan implantasi terkadang membuat ragu ibu  hamil, karena masih dikira sebagai darah haid. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa langsung memeriksakan usia kehamilan ke dokter terdekat, karena dokter biasanya memiliki cara khusus untuk menentukan usia kehamilan.

  • Periksa Warna Darah

Untuk bisa menyimpulkan darah yang keluar dari jalan lahir adalah darah Implantation bleeding  atau darah haid, Anda bisa memeriksa warna darah. Warna darah Implantation bleeding  biasanya adalah merah muda atau kecoklatan, sedangkan darah haid berwarna merah kehitaman. Akan tetapi perbedaan warna tersebut bukan untuk menyimpulkan sebuah kepastian, karena ada darah Implantation bleeding  yang justru lebih gelap dari pada darah haid. Hal ini terjadi karena, darah akibat Implantation bleeding  itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengalir dari dinding rahim ke jalan lahir.

  • Rasa Sakit Saat Muncul Bercak Darah

Pada awal menstruasi umumnya wanita mengalami kram yang cukup menyakitkan, berbeda dengan pendarahan implantasi. Bercak darah yang keluar akibat implantasi juga diiringi kram perut, namun terasa lebih ringan jika dbandingkan dengan kram perut di awal masa haid. Rasa sakit yang dirasakan pada saat mengalami Implantation bleeding itu disebabkan karena implan telur dan rahim berubah untuk mengakomodasi embrio.

Dengan pemahaman yang Anda peroleh dari tiga poin diatas, Anda akan bisa menyimpulkan apakah pendarahan yang sedang dialami itu karena haid atau karena menjalani masa kehamilan. Untuk lebih jelas mengenai ciri kehamilan, silakan

Bercak Darah Tanda Kehamilan Berapa Banyak ?

Banyak wanita yang bertanya mengenai, berapa banyak kah bercak darah yang dikeluarkan saat menjalani hamil muda ? Perlu diketahui bahwa, darah yang dikeluarkan oleh wanita pada saat mengalami pendarahan implantasi pada umumnya hanyalah sedikit atau hanya berupa flek darah. Pendarahan tersebut pada umumnya, hanya terjadi dalam waktu yang singkat, yaitu antara satu sampai tiga hari. Hal ini sangat jauh berbeda dengan keluarnya darah haid yang cenderung lebih lama dan lebih banyak.

Bagaimana jika bercak darah itu keluar dalam waktu lebih dari 3 hari ? Jika keluarnya bercak darah  lebih dari 3 hari, maka saya sarankan Anda untuk cepat periksa ke dokter untuk memastikan apa yang sedang terjadi pada diri Anda.

Penyebab Bercak Darah Tanda Kehamilan

Hamil muda yang diawali dengan pendarahan membuat sebagian ibu hamil merasa khawatir. Kekhawatiran tersebut muncul sebab ketidak tahuaanya mengenai pendarahan implantasi atau  Implantation bleeding. Selain itu, ada juga pendarahan yang dialami oleh ibu hamil karena sebab – sebab yang lain. Oleh karena itu perlu kiranya Anda ketahui tentang bercak darah tanda awal kehamilan tersebut serta apa saja penyebabnya.

Ciri Bercak Darah yang Berbahaya

  • Keluar bercak darah yang dibarengi dengan kram perut yang sangat sakit
  • Bercak darah dengan rasa mules saat hamil muda
  • Bercak darah keluar saat hamil muda dengan rasa pegal
  • Terjadi pendarahan dengan volume yang banyak seperti haid

Itulah sedikit pemaparan kami tetang ciri darah haid karena gagal implantasi. Jangan lupa sebarkan artikel ini kepada orang lain agar mereka bisa mengambil manfaat dari artikel ini.