Cara Meningkatkan ASI Secara Alami

Cara Meningkatkan ASI Secara AlamiProduktifitas ASI dapat ditambah mulai dari usia kehamilan dini. Berbagai asupan gisi dan suplemen khusus ibu hamil menjadi salah satu cara jitu. ASI merupakan nutrisi pertama bagi si kecil. Bagi para mama baru, kurangnya produktivitas ASI merupakan hal yang yang membuat panik. Sering kali rasa khawatir yang berlebihan melanda. Apalagi ketika pemikiran bahwa si kecil tak bisa mendapatkan ASI ekslusifnya selama 6 bulan akan semakin mengganggu.

Pertama-tama yang harus diketahui oleh para mama baru adalah aneka bahan makanan yang mengandung Anti-Galactogogues. Sayuran dan tumbuhan yang mengandung Anti-Galactogogues antara lain kol dan daun mint.

Ada beberapa cara menambah produksi ASI adalah sebagai berikut:

* Kondisi fisik
Produksi ASI juga ditentukan oleh kondisi fisik dan mental seseorang. Tidur yang cukup akan membuat kondisi fisik dan mental menjadi pulih. Bahkan seorang mama baru disarankan untuk tidur 10 jam per-hari layaknya seorang bayi untuk memulihkan keadaan fisiknya.

* Minum Air
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab berkurangnya produksi ASI. Oleh karena itu, disarankan bagi para mama untuk minum air secukupnya agar produksi ASI lancar.

* Butuh rangsangan
Terkadang ASI susah keluar bukan karena produksinya rendah, melainkan butuh rangsangan. Coba ajak bayi Anda untuk meminum ASI secara langsung. Hal itu akan merangsang ASI untuk mudah keluar dan terus diproduksi.