Cara Mencegah Ruam Popok

ruam popokRuam popok adalah kondisi yang sangat umum yang dapat menyebabkan kulit bayi menjadi sakit, merah, bersisik, dan tender. Ruam biasanya terjadi karena kulit teriritasi oleh popok kotor yang tersisa pada terlalu lama, merek atau tertentu deterjen, sabun, atau tisu bayi pada kulit sensitif, gesekan dari popok. Plastik yang mencegah popok dari bocor juga mencegah sirkulasi udara, sehingga menciptakan lingkungan yang hangat dan lembab di mana ruam dan jamur dapat berkembang.

Selain itu, pengenalan makanan baru dapat mengubah isi dari tinja bayi (kotoran), yang kadang-kadang dapat menyebabkan ruam popok. Dan diare dapat membuat ruam popok lebih buruk.

Ruam popok yang berlangsung selama lebih dari beberapa hari, bahkan dengan perubahan pada rutinitas popok, mungkin disebabkan oleh ragi yang disebut Candida albicans (sejenis jamur). Bentuk ruam biasanya merah, sedikit terangkat, dan memiliki titik-titik merah kecil memanjang di luar bagian utama dari ruam. Sering dimulai pada lipatan kulit dan dapat menyebar ke kulit di bagian depan dan belakang bayi. Antibiotik diberikan kepada bayi atau ibu menyusui dapat menyebabkan infeksi ragi dengan membunuh dari “baik” bakteri yang menjaga Candida tumbuh.

Cara Mencegah Ruam Popok
Cara terbaik untuk mencegah ruam popok adalah dengan menjaga kulit bayi Anda sebagai kering dan bersih mungkin dan sering mengganti popok sehingga kotoran dan urin tidak akan mengiritasi kulit.

Untuk mencegah ruam popok:

  • mengganti popok bayi Anda kotor atau popok basah sesegera mungkin
  • sesekali rendam pantat bayi anda antara perubahan popok dengan air hangat dengan menjalankan air keran di atasnya atau dengan menyemprotkan dengan botol air
  • memungkinkan kulit bayi Anda benar-benar kering sebelum Anda memakai popok lain
  • menepuk-nepuk kulit dengan lembut dengan kain lembut ketika pengeringan itu – gosok dapat menyebabkan iritasi
  • meletakkan popok pada longgar untuk mencegah radang

Jika Anda menggunakan popok kain, bilas beberapa kali setelah mencuci untuk menghilangkan jejak sabun atau deterjen yang dapat mengiritasi kulit bayi Anda. Hindari menggunakan pelembut kain dan lembar pengering – bahkan ini dapat mengiritasi kulit.