Cara Membersihkan Telinga Bayi

Tips Tepat Membersihkan Telinga Bayi

Cara Membersihkan Telinga BayiMengingat kompleksnya organ telinga , jangan sembarangan membersihkannya. Susunan organ telinga tidak hanya terdiri dari daun telinga, melainkan ada bagian luar dan bagian dalam telinga.

Yang harus mendapat perhatian ekstra adalah bagian dalam telinga, karena di sini terdapat organ-organ pendengaran. Namun tak perlu takut membersihkan telinga bayi.

Dengan memperhatikan hal-hal berikut , telinga bayi anda jadi bersih dan pendengarannya pun tak terganggu. Bersihkan telinga bagian luar. Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga dan lubang telinga .

Jangan bersihkan lubang telinga bagian dalam. Bagian ini belum bisa dimasuki kapas bertangkai. Selain kotoran bayi berbeda dengan orang dewasa yang lebih rentan terhadap debu dan cepat kotor. Senandungkan lagu-lagu lembut dan ajak bayi bercakap-cakap, agar kegiatan membersihkan telinga menyenangkan hatinya.

Siapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan , seperti baby oil, kapas bertangkai dan kapas bulat. Basahi kapas bulat dengan baby oil , angkat kepala bayi lalu bersihkan bagian depan dan belakang daun telinga dengan hati-hati.

Bersihkan ceruk-ceruk atau  lekukan pada daun telinga dengan kapas bertangkai yang sebelumnya sudah diberi baby oil. Selesai membersihkan , keringkan telinga si kecil dengan handuk atau kain yang lembut.