Bulan Tepat Bagi ibu hamil Berpuasa

Bulan Tepat Bagi ibu hamil BerpuasaSaat bulan Ramadhan, wanita hamil dan menyusui diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Tapi beberapa wanita hamil tetap ingin menjalan ibadah tersebut. Kapan waktu kehamilan yang aman untuk berpuasa? Berpuasa sebenarnya aman bagi ibu hamil asal tetap memperhatikan asupan gizi dan kalori selama kehamilan agar perkembangan dan pertumbuhan janin tidak terganggu.

Puasa seyogyanya hanya memindahkan waktu makan saja, yang mana makan pagi diajukan ke sebelum waktu subuh, makan siang saat berbuka serta makan malam setelah tarawih. Jadi, bagi ibu yang sedang hamil asupan gizi dan kalori harus tetap sama dengan kondisi normal atau pada saat tidak berpuasa, yaitu gizi seimbang dengan komposisi 50 persen karbohidrat, 30 persen protein dan 10-20 persen lemak. Namun, tidak semua ibu hamil dianjurkan untuk puasa. Kondisi-kondisi tertentu saat kehamilan dapat mempersulit ibu hamil untuk berpuasa.

Wanita hamil aman berpuasa trimester kedua atau sekitar bulan keempat sampai awal-awal bulan ketujuh atau kedelapan. “Waktu yang dianjurkan untuk ibu hamil berpuasa adalah pada masa trimester kedua atau sekitar bulan keempat sampai awal-awal bulan ketujuh atau kedelapan,” ujar Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, Sedangkan pada trimester pertama sangat rawan, karena menurut Dr Ari, pada masa trimester pertama, ibu hamil biasanya akan mengalami morning sickness berupa mual atau muntah. Saat itu terjadi perubahan selera makan dan berat badan yang tidak disadari.