Bertambahnya Bobot Tubuh Saat Hamil

Bertambahnya Bobot Tubuh Saat HamilBerat badan melonjak saat hamil memang tergolong wajar. Namun, bukan berarti ketika mengandung, Anda tidak menjaga berat badan. Pasalnya, jika tubuh ibu terlalu gemuk, jutstru bisa membahayakan kondisi janin, Bertambahnya bobot tubuh waktu hamil, tidak sepenuhnya berisi lemak. Berat badan yang naik juga bisa disebabkan, cairan dan jaringan yang sedang berkembang.

Ibu hamil disarankan untuk mengatur berat badan agar tetap berada pada kondisi ideal dan tetap menjaga pola makan dengan gizi cukup dan seimbang. Peningkatan berat badan di trimester pertama memang relatif sedikit, tidak naik atau bahkan berkurang karena morning sickness  (mual di pagi hari). Berat badan ideal calon ibu saat mulai kehamilan berkisar antara 45-65 kg. Kenaikan total berat badan selama kehamilan, normalnya berkisar antara 12-15 kg. Jika berat badan ibu berlebih (overweight), risiko kesehatan yang bisa muncul pada ibu dan janin, antara lain, ibu berisiko mengalami hipertensi dan terkena diabetes.

Sedangkan risiko pada janin, plasenta yang berfungsi menyuplai oksigen akan menyempit karena lemak, hal ini dapat menghambat pertumbuhan bayi. Terhambatnya suplai oksigen dapat merusak sel-sel otak janin sehingga mengakibatkan kecerdasan si kecil pun menjadi berkurang. Bahaya lainnya, janin dapat mengalami gangguan paru-paru atau terlahir obesitas. Untuk ibu hamil yang mengalami overweight dianjurkan untuk berolahraga ringan, seperti jalan kaki di pagi hari atau berenang, sehingga selain membuat ibu sehat juga dapat membakar kolesterol dan lemak dalam tubuh.