Berikanlah Imunisasi Tepat Waktu Sebagai Pencegah PD3I

Berikanlah Imunisasi Tepat Waktu Sebagai Pencegah PD3IMelihat data tersebut, artinya imunisasi belum menjangkau semua sasaran. Dengan kata lain masih banyak Balita yang belum terlindungi dengan vaksin. Sehingga, bila ada kasus penyakit PD3I yang masuk ke wilayah Surabaya, maka Balita yang belum lengkap imunisasinya kemungkinan besar bisa tertular. Imunisasi merupakan bentuk intervensi kesehatan yang sangat efektif dalam menurunkan Angka Kematian Bayi dan Balita. Dengan imunisasi, berbagai penyakit seperti dapat dicegah. Misalnya, TBC.

Kebanyakan masyarakat belum sadar akan hal tersebut. Mereka tidak mengimunisasikan bayinya karena berbagai sebab, sehingga masih ada kemungkinan Balita yang dapat tertular Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Selama tahun 2007 lalu, setidaknya ada 22 kasus PD3I. Satu diantara anak yang terkena penyakit tersebut meninggal. Ini menunjukkan bahwa imunisasi sangat penting untuk mencegah penyakit dan menurunkan resiko kematian pada Balita.

Pemberian imunisasi harus dilakukan secara tepat. Orang tua harus mengetahui mengapa, kapan, dimana dan berapa kali anaknya mendapatkan imunisasi. Orang tua juga harus mengetahui bahwa pemberian imunisasi aman bagi anak, bahkan saat anak sedang sakit ringan.

Tentang Imunisasi Pada Balita

Pengertian
Imunisasi berasal dari kata imun, kebal atau resisten. Anak diimunisasi, berarti diberikan kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu.

Tujuan
Program imunisasi bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Cara Pemberian
Pada dasarnya, imunisasi adalah proses merangsang sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan (baik itu melalui suntik atau minum) suatu virus atau bakteri.

Jenis-Jenis Imunisasi
Pada dasarnya ada 2 jenis imunisasi, yaitu :

– Imunisasi Pasif (Pasive Immunization)
Imunisasi pasif ini adalah immunoglobulin yang didapatkan secara genetis melalui ibu.

– Imunisasi Aktif (Active Immunization)
Imunisasi yang diberikan pada anak adalah :
a. BCG untuk mencegah penyakit TBC
b. DPT untuk mencegah penyakit-penyakit Difteri, Pertusis,
dan Tetanus.
c. Polio untuk mencegah penyakit Poliomielitis
d. Campak untuk mencegah penyakit Campak (Measles).