Belajar Tidak Ngompol

Belajar Tidak NgompolAku Belajar Agar Tidak Ngompol Lagi.

Pada usia anak 18-24 bulan, anak sudah mulai dapat mengungkapkan apa keinginannya. Termasuk mau makan, minum. Untuk itu selain mengungkapkan keinginannya untuk makan dan minum, ajari anak untuk bisa mengungkapkan dan mengatakan apabila dia mau buang air kecil.

Adapun beberapa kebiasaan yang coba diterapkan adalah :

Pada saat pagi hari biasakan anak ke kamar mandi untuk pipis 2-3 jam sekali.

– Pada saat anak mau tidur siang, ajaklah anak untuk pipis terlebih dahulu sebelum tidur, niscaya anak tidur dalam masa 2-3 jam akan tenang tanpa harus mengompo.

– Pada sore hari juga biasakan 2-3 jam sekali ke kamar mandi untuk pipis.

– Pada saat malam hari usahakan anak minum susu jam 6 atau jam 7 sore sebelum si anak tidur. Pada saat si anak akan tidur ajaklah untuk pipis ke kamar mandi. 3 Jam setelah anak tidur bawalah ke kamar mandi untuk di pipiskan. Setelah itu anak akan tertidur dan subuh coba pipiskan anak kembali.

Hal tersebut diatas tidaklah mudah, namun bila dilakukan secara teratur maka akan berjalan dengan sendirinya. Saya sudah mencoba ke anak saya (sekarang berusia 23 bulan). Sebelumnya setiap malam anak saya pasti pakai diapers, namun anak saya sering merasa risih kalo malam tidur harus menggunakan diapers. Masa-masa sulit itu berlangsung 10-14 hari, apalagi dia harus terbangun malam karena saya pipiskan. Namun setelah itu dia menjadi merasa biasa harus dipipiskan dan setelah dipipiskan dia akan kembali tidur.

Untuk saat ini di siang hari anak saya sudah bisa mengatakan kalau dia ingin pipis…bahkan sekarang dia sudah bisa buka celana sendiri untuk pipis. Dan malam hari dia sudah tidak mengompol lagi. Namun tidak semua anak seperti ini karena ada juga beberapa anak dilingkungan sekitar saya yang samapi dengan usia 4 tahun pun dia masih mengompol bahkan samapi dipijet sekalipun. Untuk itu jangan menyerah ya pada bunda. Ini demi kebaikan anak kita.