Bayi Menangis Tanpa Airmata

Bayi Menangis Tanpa AirmataMenangis adalah cara bayi berkomunikasi dengan orangtua atau orang disekitarnya. Tapi terkadang orangtua dibuat bingung dengan bayinya yang menangis tanpa mengeluarkan airmata. Ini adalah salah satu perilaku bayi yang terkadang bisa membuat orangtuanya menjadi panik. Karena bayi menangis dengan suara tangisan tapi tanpa ada airmata yang menetes di pipinya. Orangtua pasti berpikir ada yang tidak beres dengan bayinya.

Bayi yang baru lahir tidak akan meneteskan airmata, karena saluran airmata si bayi belum terbentuk secara sempurna. Tapi setelah sekitar satu bulan atau saat saluran tersebut mulai bisa berkembang, maka bayi yang menangis akan mengeluarkan airmata. Secara umum bayi menangis karena berbagai alasan seperti rasa lelah, tidak nyaman, bosan, lapar atau frustasi. Karena ini adalah satu-satunya cara untuk menyampaikan berbagai emosi dalam diri si bayi. Airmata juga bisa menunjukkan ada sesuatu yang ingin diungkapkan si bayi pada orangtuanya.

Bayi yang menangis tanpa airmata bisa juga diartikan bahwa bayi mengalami dehidrasi. Jika melihat bayi terus menerus menangis dengan kondisi mata yang kering, sebaiknya berikan bayi cairan yang cukup karena itu disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh bayi sehingga tidak keluar airmata. Tapi jika setelah diberikan cairan yang cukup bayi tetap tidak mengeluarkan airmata saat menangis, ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh tertutupnya saluran airmata bayi.

Orangtua bisa memberikan pijatan lembut di bagian sudut mata bayi yang dekat dengan hidung, ini bisa membantu memperlancar saluran airmatanya. Apabila airmata tidak kunjung keluar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jika bayi terus menerus menangis, orangtua bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi tangisan bayi, yaitu menggendong bayi sambil diayun-ayunkan, memberikan usapan seperti membelai, menepuk pelan punggung bayi atau melakukan pijatan pada bagian tangan dan lengan serta memberikan rangsangan suara seperti mengajak bicara atau mendekap bayi dekat dengan jantung ibu.